Menu

Friday, May 5, 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb
Halo Sahabat #KeluargaNawra

Suka makan Abon gak ya, kalo keluarga saya suka. Terutama abon ikan atau abon ayam. Kalo daging jarang beli, mahal soalnya, hahaha. Enak loh makan pakai abon, banyak gizinya dan tentunya praktis juga. Bisa dibawa kemana saja .

Eeiit, tapi abon itu apa ya. Kali ada sahabat KN yang belum tahu, kita ulas sedikit ya. Apa itu abon, supaya lebih jelas dan paham.

Menurut Wikipedia
Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Selain terbuat dari bahan dasar daging (sapi, kambing, kuda, babi, dan domba), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, dan udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (camilan). Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing.  

Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga bisa di temui di kota Palembang dan Pontianak. Untuk abon ikan ada di Bengkulu. Rasa abonnya juga unik. Pedas.


Nah, saya mau bercerita seputar Abon Ikan Tuna dari Bengkulu. Satu botol ini kemasan 100 gram


Terbuat dari ikan Tuna yang memang banyak terdapat di Bengkulu. Abon buatan Bu Sri ini emang enak, apalagi kalo dimakan dengan nasi putih Tinggal ditaburkan saja di atas nasi, apalagi kalo nasi hangat. Bau nasinya jadi tambh segar terkena abon ikan.





Cara menggunakan atau makan abon juga praktis, tinggal buka botolnya lalu taburkan sesuka hati tergantung selera di atas Nasi. Anak-anak juga bisa melakukannya.

Makan Abon ikan adalah salah satu cara supaya anak juga suka makan ikan dan asupan gizi ikan tetap bisa masuk dan terpenuhi di tubuh.

Sebab komposisi Abon Ikan Tuna ini  Bu Sri berisi

  • Ikan Tuna Segar
  • Garam
  • Minyak Goreng
  • Santan Kelapa
  • Gula Merah
  • Cabe Merah
  • Bumbu Rempah


Abon Ikan Tuna Ini Bia di beli  dan di produksi oleh
Jalan Lempuing RT 12 RW 3 No 18
Kota Bengkulu
Hp 0813 6737 9584

3 comments

mau mau mau..anak-anak suka banget abon tapi kalau abon yang di supermarket mihil ya.. hehe

Reply

biasanya anak-anak pada suka abon.. saya juga, biasanya kalo naik gunung salah satu bekal logistik favorit abon sapi.. boleh nih dicoba abon tuna nya

Reply

Mantap, terima Kasih Infonya

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.