Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Saturday, September 16, 2017

/

Indonesia memiliki lahan pertanian yang sebagian besar masih digarap dengan cara tradisional. Cara tradisional memang lebih mudah dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan atau tradisi turun temurun. Namun hal tersebut sebenarnya membutuhkan tenaga yang lebih besar hingga harus dilakukan oleh banyak orang dan menghabiskan upah yang lumayan banyak. Bayangkan jika lahan pertanian yang hendak digarap terlalu besar sehingga membutuhkan banyak orang. Pastinya upah yang dikeluarkan juga semakin mahal. Ada cara yang lebih hemat dan efisien yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan mesin pertanian. 

Saat ini banyak sekali penemuan dibidang pertanian untuk membantu kegiatan pertanian agar lebih efektif dan efisien. Banyak sekali diciptakan aneka mesin pertanian. Dengan adanya mesin pertanian tersebut, membuat banyak pekerjaan menjadi lebih mudah cepat dan menghasilkan. Banyak sekali manfaatnya. Baik bagi petani, bagi penjual dan juga bagi pengguna. Hasil panen pun tidak cepat rusak, dan cepat terdistribusikan. 

Dengan adanya bantuan mesin pertanian ini, hasil panen pun bisa dilipatgandakan dan bisa mengdatangkan untung bagi petani. 

Berikut ini adalah daftar mesin dan harga mesin yang kerap dibutuhkan untuk usaha pertanian di Indonesia.

1.    Mesin Pengering
.
Cara tradisional untuk mengeringkan hasil pertanian adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut kurang efektif karena membutuhkan lahan pengeringan yang juga luas seiring dengan banyaknya hasil yang dipanen. Belum lagi ketika hujan turun dan membasahi hasil panen yang seharusnya kering tersebut. 

Kini sudah ada mesin pengering elektrik yang dapat menggantikan sinar matahari dan memuat hingga 4 ton hasil pertanian. Hasil pertanian yang dapat dikeringkan dengan mesin ini adalah padi, jagung, kemiri, kerupuk, danlainnya. Harga dari mesin pengering ini adalah sekitarRp. 30 juta.

2.    Mesin Pengupas Padi.

Mengupas padi adalah perkara yang keci lnamun menjadi besar karena jumlah padi yang perlu dikupas sangatlah besar. Kini sudah ada mesin pengupas padi yang bisa mengupas padi hingga 100 - 160kg per jam. Anda tak perlu mempekerjakan banyak orang untuk melakukannya karena hanya diperlukan seorang operator saja. Harganya ini cukup beragam yang dibedakan dari kecepatan pengupasan. Harga paling rendah untuk mesin ini adalahRp. 2,5 juta dan harga terbesar adalahRp. 7 juta.


3.    Mesin Pengupas Kacang Tanah.

Memiliki usaha dibidang makanan ringan dari kacangtanah, Anda sebaiknya memiliki mesin ini. Mesin pengupas kacang tanah ini bisa menggantikan kerja manusia sehingga kebutuhan upah menjadi sangat minimum. Harga dari mesi ini adalah sekitarRp. 15 juta yang mampu mengupas kacang tanah sebanyak300 kilogram dalam satu jam penggunaan.

Selain mesin-mesin di atas, masih banyak lagi mesin pertanian dan perkebunan yang bisa diandalkan untuk memperkecil pengeluaran saat panen maupun perawatan. Ada mesin pembasmi hama yang bisa digunakan saat wereng atau hama tikus menyebar, juga mesin untuk mencabut dan memotong pisang.

 Meski banyak hal bisa digantikan dengan mesin, namun ada baiknya Anda tetap mempekerjakan manusia untuk mengontrol lahan pertanian terutama pertanian yang besar agar bisa diketahuiapa yang harus dilakukan. Harga mesin memang cukup ekonomis dibandingkan terus menggaji pekerja sehingga bisa dijadikan alternatif pembelian saat panen tiba.

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.