Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Thursday, September 14, 2017

/

Mari Masak
Mari makan ikan
Mari makan sambal

Gak ada sambal makan seperti dunia tanpa kamu ya, hehehe
Berasa ada yang kurang saja, jadi harus sedia sambal setiap hari.

Kalo kamu bagaimana, suka sambal botol, sambal sachet atau sambal yang dibikin sendiri. Enaknya sih samabal yang dibikin sendiri ya. Tapi kalo kebayang repotnya, duh enak kan beli aja deh sambalnya. Tapi kadang meski udah di rumah makan terkenal atau restoran mahal. Rasa sambal itu tetap saja gak sama, bahkan ada saja yang kurang. tetap lebih asik bikin sendiri ya sambalnya. Selain banyak, hemat juga.

Nah, kali ini saya mau berbagi cara bikin sambal ikan cabe hijau. Saya sempatin bikin sambil mnegasuh bayi Annasya ( 14 bulan) dan Athifah (4 tahun) Demi menaikan bobot badan, hahaha. Gak deh, demi menaikkan selera makan. Dijalanin dah, masak sendiri meski repot.

Baik, mari kita masak, pertama siapkan dulu bahannya. Nah, karena saya tak mau menggiling cabe dengan menggunakan blender, cabe dan bahan lainnya saya rebus saja, agar mudah dan cepat saat digiling dengan tangan dengan menggunakan gilingan cabe yang terbuat dari batu.


Sambil cabe dan bahan lainnya seperti bawang merah dan tomat direbus. Kita goreng dulu ikannya ya sampai sedikit garing. Kalo suami dan anak-anak saya tidak terlalu suka iakan goreng yang terlalu garing.

Kali ini saya memilih ikan yang banyak dagingnya. Lupa tadi nama ikannya apa ya, sebenarnya ikannya bisa apa saja sih, asalkan enak digoreng dan tidak hancur. Oh, ya tips menggoreng ikan agar tidak hancur, ketika sudah dicuci bersih berikan cairan jeruk nipis pada ikan atau bisa juga dengan edikit cuka. sama saj, semua itu untuk menjaga dan membantu tekstur ikan tetap kenyal dan keras saat digoreng.


Penampakan ikannya sebelum digoreng seperti ini



Wah, rebusan cabe dan bumbunya sudah matang, siap untuk digiling. Mari kita siapkan batu gilingan cabe atau cobek ya. siapkan juga sendok ceper khusus untuk cabe dan yang tak pernah tertinggal garam. Apalagi kalo tadi kelupaan kasih garam direbusan cabe. Bagusnya  garam kasar saja. Airnya ditiriskan ya.



Giling cabenya sebentar saja, tak masalah gak begitu halus, malah lebih sedap kok kalo cabenya terlihat kasar atau halus tapi kasar

Setelah digiling, dan dihaluskan, siapkan wajan yang sudah berisi minyak goreng panaskan. setelah itu masukan cabe yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas. Tumis sebentar dengan api sedang, setelah tercium aroma harum baru masukan ikan goreng.

Pada bagian ini sebagian orang masak masih dengan api menyala sambil diaduk-aduk. Saya lebih suka mematikan kompor lalu mengaduknya atau meratakan cabenya, hal ini untuk menghindari cabe gosong atau timbuk efek caramel di cabe yang kita tumis.

Selesai, sangat mudah bukan membuat sambal ikan cabe hijau, yuk kita makan. Mumpung masih panas.



Catatan karena ini sambal hijau, maka sebaiknya smeua bahan cabe, tomat juga yang hijau agar warnanya menyatu. Kali ini saya juga menambahkan beberapa buah cabe rawit berwarna hijau. Agar aroma cabenya lebih tajam.



Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.