Menu

Friday, October 14, 2022

/

Assalammualaikum.Wr.Wb


Sejak beberapa tahun yang lalu, kencur termasuk salah satu jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, ada beberapa cara konsumsi kencur untuk obat asam lambung yang dapat memberikan dampak positif terhadap organ itu sendiri.


Seperti yang sudah banyak orang tahu, kencur mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain sering dimanfaatkan sebagai obat alami dalam menghilangkan rasa sakit, kencur juga sering digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung.


2 Cara Konsumsi Kencur untuk Asam Lambung


Nama latin dari kencur adalah Kaempferia Galanga. Jenis tanaman herbal yang satu ini mengandung zat sitotoksik dan antibakteri yang cukup tinggi, sehingga kandungan ini dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.


Sesuai dengan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli, kencur bisa digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan. Berikut adalah cara konsumsi kencur untuk asam lambung dalam tubuh, agar Anda bisa mengkonsumsinya secara lebih mudah:


https://www.keluarganawra.com



1. Cara Membuat Jamu Kencur di Rumah


Cara paling mudah untuk mengkonsumsi kencur adalah dengan menjadikannya sebagai minuman jamu yang lezat. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat jamu kencur di rumah yang enak dan praktis.


Untuk membantu banyak orang dalam mengetahui cara membuat jamu kencur yang enak di rumah, berikut kami sampaikan langkah-langkahnya:


Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu kencur, air beras, asam Jawa, gula merah, garam, jeruk nipis, cengkeh, gula pasir, kayu manis, dan air secukupnya.

Untuk membuat air beras, Anda bisa merendam beras tersebut di dalam air matang selama 4 jam. Setelah itu, tiriskan airnya dan gunakan air tersebut untuk membuat jamu kencur yang lezat.

Kemudian, kupas kencur sampai bersih dan cuci setiap bagian dari tanaman tersebut.

Hancurkan beras dan tambahkan kayu manis serta cengkeh ke dalam air beras tersebut.

Rebus semua bahan yang sudah dimasukkan ke air beras, dan jangan lupa untuk memasukkan gula merah serta asam Jawa.

Rebus campuran bahan selama 20 menit dan tunggu sampai campuran bahan tersebut benar-benar mendidih.

Selesai. Sekarang sajikan jamu tersebut dengan menambahkan perasan jeruk nipis, agar rasanya bisa semakin segar.


2. Cara Membuat Jamu Kencur dengan Menambahkan Daun Pandan


Jika cara yang ada di atas tidak melibatkan daun pandan di dalam bahan-bahannya, untuk cara yang satu ini akan menggunakan daun pandan, agar rasa dan aroma jamu tersebut semakin terasa nikmat. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat jamu kencur daun pandan:


Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 6 sendok makan beras, 10 ruas kencur, 2 ruas jahe, 2 lembar daun pandan yang segar, 6 buah gula merah, asam Jawa secukupnya, dan 2 liter air.

Kemudian, rendam beras selama 1 jam atau bisa juga selama semalaman dengan menggunakan air hangat.

Setelah beras direndam dalam jangka waktu yang cukup lama, cuci beras tersebut dengan menggunakan air mineral yang bersih.

Lalu rebus air, gula, daun pandan, dan asam Jawa hingga mendidih. Jika gula sudah benar-benar mencair, matikan api kompor dan saring sisa gula serta asam Jawa yang tidak bisa larut.

Haluskan beras, jahe, kencur, dan rebusan air gula tersebut dengan menggunakan blender, agar proses ini tidak memakan waktu yang cukup lama.

Selesai, sekarang saring campuran beras kencur tersebut untuk mengkonsumsinya.


Kedua cara konsumsi kencur untuk asam lambung di atas bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi, kencur juga bisa kita temukan dengan mudah di pasar tradisional maupun pasar modern. Jadi, bisa dipastikan bahwa semua orang dapat membuat minuman kencur sendiri di rumahnya masing-masing.


Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.