Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Tuesday, October 24, 2017

/
Tahu bakso yang bikin ketagihan
Hai, siapa di sini ya suka makan bakso, hayo unjuk gigi. Lalu yang suka makan bakso siapa? hayo unjuk gigi juga. Terus yang suka makan keduanya, siapa? hayo ngaku lagi. Ternyata yang terakhir peminatnya lebih banyak. Banyak yang suka makan tahu bakso.

Saya dan keluarga juga suka keduanya, suka makan bakso dan juga suka makan tahu. Untuk bakso, pentolnya semua anak-anak saya sangat suka dan menyukainya. Baik bakso kuah, bakso goreng atau bakso bakar. Semua doyan.

Sama halnya juga dengan tahu, mau dibuat sambal, di goreng asin, dibuat tahu bunting. Sama saja semua anak-anak saya doyan.

Jadi baik tahu ataupun tahu adalah makanan yang biasa saya dan keluarga makan dan kamipun menyukainya.

Sebelum kita bahas dan kenalan dengan tahu bakso itu seperti apa. Baiknya kita sekarang mencari tahu terlebih dahulu, tahu itu apa dan bagaimana lalu bakso itu juga apa dan bagaimana. Supaya pengetahuan kita tentang makanan bertambah ya, bukan cuma tahunya makan saja, hehehe.

MENGENAL TAHU
Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: ) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra (kinugoshi tōfu). Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut, sehingga biasanya dikonsumsi mentah. Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.
Tahu di Indonesia

Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe.

Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takua. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).
Tahu guling, suatu jajanan berbasis tahu dari Surakarta.

Tahu masih terkait dengan kembang tahu dan tauhue (juga disebut sebagai "kembang tahu") menurut cara pembuatannya.

Aneka makanan yang melibatkan tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu campur, tahu guling, tahu isi (tahu bunting), perkedel tahu, dan kerupuk tahu, tahu pedes, tahu krispi. Tahu goreng biasanya dihidangkan untuk menemani makanan berkuah cair, seperti mie bakso dan soto; atau batagor. Siomay, salah satu bentuk dimsum, juga menggunakan tahu kukus sebagai komponennya.

tahu bakso enaknya dimakan dicocol saus

MENGENAL BAKSO

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Asal mula Bakso

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah 'bakso' berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang.

Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari China tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.


Dengan kemajuan informasi dan teknologi sekarang memungkinkan banyak sekali muncul berbagai inovasi di bidang kuliner termasuk di dalam mengolah atau memasak bakso dan tahu. Ide kreatif untuk membuat menjadi lebih efektif dan efisien tersebut, akhirnya memunculkan ide untuk orang membuat yang namanya makanan TAHU BAKSO.

BAKSO TAHU

Nah, sekarang banyak sekali penemuan dan inovasi dibidang kuliner. Salah satunya adalah Bakso Tahu. Di hampir seluruh wilayah di Indonesia . Bakso tahu sangat mudah kita jumpai. Harganya juga sangat bersahabat.

Makanan ini juga cocok untuk semua usia dan semua suasana sehingga makna tahu bisa kapan saja dan dimana saja.

Buat kamu yang lagi santai , ingin menikmati tahu yang ada di kota Bengkulu boleh dong mampir dan cobain Bakso Tahu MJ. 

Tahu bakso MJ yang bikin ngiler
Rasanya bikin mau nambah lagi dan lagi, apalagi kalo sudah dicocolin dengan sambal atau sausnya. Duh, bikin gak mau berhenti kalo belum habis, hahaha.

Kalo mau order , bisa hubungi nomer kontak di bawah ini ya 

TAHU BAKSO MJ
Nama owner : Sefti Ovfianti
Alamat toko :
Jl Kapuas Raya Lingkar Barat Kota Bengkulu
Ig : @warungmj
Fb Tahu Bakso MJ
No hp : 08992220658 


Dalam pemasarannya Tahu Bakso MJ ini juga bergabung dengan komunitas TDA. Yaitu komunitas Tangan Di Atas. Untuk lebih jelasnya, saya jabarkan dulu ya sekilas tentang komunitas TDA ini ya. 

Sejarah Komunitas TDA

Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) adalah komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, wadah bergabungnya para wirausahawan Indonesia. TDA didirikan pada Januari 2006 oleh Badroni Yuzirman dan 6 pengusaha lainnya.

TDA mempunyai visi membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

Sampai 2017 telah bergabung tidak kurang dari 15.000 member TDA dan diantaranya terdapat lebih dari 6.000 member terdaftar. Sampai tahun 2013, TDA telah hadir di 61 kota di seluruh Indonesia dan di 4 negara manca, yakni TDA Singapura, TDA Hongkong, TDA Mesir, dan TDA Australia.

VISI

Menjadi komunitas pengusaha terkemuka yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

MISI
– Menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan.

– Membentuk pengusaha yang tangguh dan sukses.

– Menciptakan sinergi diantara sesama anggota dan antara anggota dengan pihak lain, berlandaskan prinsip high trust community.

– Menumbuhkan jiwa sosial dan berbagi di antara anggota.

– Menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi.

Komunitas TDA Bengkulu

Alhamdulillah di Bengkulu juga ada komunitas TDA ini, kamu juga bisa gabung dan ngumpul bareng dengan mereka. untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi informasi di flyer di bawah ini ya



sumber wikipedia
5 comments

Ini kesukaanku jugaaa mba. Biasanya aku bikin sendiri kalau pas pengen makan ini

Reply

Waw ini kombinasi yang menggoda saya Mbak, kebetulan suka tahu dan bakso. Sekali makan dapat dua kenikmatan. salam kenal dari Malang, kalo ke Malang kudu nyobain bakso-baksonya yaaa.

Reply

Favorit nih tahu bakso. Bagi dong, makkk

Reply

sekali coba tahu bakso pengen lagi dan lagi

Reply

waahh,, liat postingan ny jadi laper

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.