Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Thursday, April 12, 2018

/
Assalammualaikum.Wr,Wb

Keluarganawra.com_Jika ingin selamat berkendara mobil , jangan pindah perseneling ketika di tanjakan atau turunan. Kebanyakan memang kasus kecelakaan seringkali terjadi di area perbukitan. Karena pada area perbukitan ini memiliki banyak sekali tanjakan dan juga turunan. Sehingga bagi para pengemudi yang memang belum memiliki jam terbang tinggi bisa sangat berbahaya dan juga bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan. Belum lagi ditambah dengan kondisi cuaca yang buruk. 



Untuk itu, sebaiknya para pengendara mobil pun memang sebaiknya harus menahan laju kendaraannya ketika sedang dalam turunan, dan gunakan rem engine brake agar bisa lebih aman dan nyaman lagi. memang sebaiknya ketika akan menanjak atau menurun kita disarankan untuk menggunakan posisi gigi yang rendah. 

Tapi yang harus di perhatkan adalah hindari melakukan perpindahan gigi ketika akan menanjak atau menurun, namun anda bisa melakukannya ketika sudah berada di punggung bukit.

Mengapa melakukan pindah perseneling saat turunan atau tanjakan tidak disarankan. Karena jika hal tersebut tetap dilakukan akan membuat anda kehilangan momentum, sehingga bisa menyebabkan mobil menjadi mundur atau bahkan menabrak kendaraan lain dan juga bisa masuk kedalam jurang. 

Selain itu juga, dengan melakukan perpindahan gigi saat turunan dan juga tanjakan, bisa membuat laju kendaran menjadi lebih cepat, dan membuat beban pada rem justru menjadi lebih berat. Oleh karena itu, sebaiknya memang untuk menghindari melakukan perpindahan gigi saat tanjakan atau turunan. 

 
Ketika mobil sudah bergerak diatas, namun belum mencapai puncak, tapi  langsung menginjak kopling dan lakukan pindahan perseneling, justru akan membuat mobil menjadi mudah untuk melorot atau mundur.

Hal tersebut juga berlaku saat mobil saat sedang dalam turunan. Sebaiknya jangan sampai anda melakukan pemindahan perseneling. Akan tetapi, jika terpaksa, anda harus tetap menginjak rem, dan jangan hanya menginjak kopling saja ketika sedang melakukan perpindahan gigi tersebut. karena jalan turunan atau tanjakan memang berbeda dengan jalan yang datar. 

Ketika sedang melewati jalanan yang menurun, dan kopling di injak, bisa membuat laju mobil menjadi meluncu lebih cepat. Apalagi yang mengendarai adalah pengemudi yang masih pemula atau awam. Maka pastinya akan membuat mereka menjadi panik dan bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan yang bisa membahayakan bagi di pengemudi atau pengendara lainnya.


Dalam mengemudikan mobil memang ada banyak sekali berbagai macam hal yang harus diperhatikan, salah satu contohnya adalah seperti yang sudah dibahas diatas. Yaitu jangan memindahkan perseneling saat akan melewati tanjakan ataupun turunan. Agar tidak terjadi kecelakaan atau insiden yang tidak di inginkan yang bisa membahayakan nyawa anda dan juga orang lain. 

Untuk mendapatkan artikel menarik lainnya mengenai dunia otomotif, anda bisa mendapatkannya dengan berkunjung ke situs otoupdates.com saja. Karena ada banyak sekali artikel menarik lainnya yang bisa anda baca.
6 comments

Memang paling susah itu kalau nanjak ... terutama mobil manual dan tak terbiasa nyetir

Reply

Info penting nih apalagi buat yang baru belajar bawa mobil jangan sampai terjadi ntar kecelakaan waspada ya Mom

Reply

waaah informasinyaa ntaaap bangeeett, makasih mbak

Reply

Keren sekali klasifikasi mobil kuno

Reply

Aku belum bisa nyetir.. tapi tiap kali orang nyetir jarang tak temui yang demikian.. alhamdulillah

Reply

ini berlaku buat naik motor manual juga nggak, ya?

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.