Menu

Tuesday, May 25, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Keluarga Nawra. Bagaimana kabarnya, semoga selalu sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik ya. Sebab pandemi corona belum berakhir, kita harus tetap wasapada.


Selama pandemi masih berlangsung, banyak waktu yang kita habiskan di rumah bersama keluarga bukan. Jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk keluar rumah, sebaiknya kita tetap bersama keluarga , bekerja dan beribadah di rumah saja.

 

festival film pendek


Salah satu kegiatan yang sering kita lakukan di rumah adalah menonton. Berbagai acara televisi atau menonton youtube. Menonton ini yang paling asik ya, menonton film atau drama. Jika ingin berlama-lama menonton dan dihantui rasa penasaran. Tonton saja serial, sinetron atau drama. Episode yang banyak dan lama, membuat sebagian orang rela berja-jam untuk menonton.


Untuk film bisa film panjang atau film pendek, durasi film panjang biasanya di atas 100 menit, bahkan banyak juga yang hingga 120 menit alias dua jam. Kalo film pendek, tentu saja lebih singkat waktunya. 

 

Di rumah kebetulan berlangganan Indihome, jadi ada di aplikasi Vidio itu pilihan untuk menonton film pendek. Yah, film dengan durasi sekitar 20-30 menit. Sudah bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan sekaligus buat kita yang nonton.

 

Saya suka melihat film pendek ini apalagi yang bertemakan sosial budaya, seru sekali. Banyak mengulas sisi kehidupan di masyarakat kita yang jarang diketahui orang.

 

Menonton film pendek ini memberikan kesan yang sangat mendalam. Pesan singkat di dalam adegan pendek filmnya itu sangat membekas karena mereka pemain hanya fokus pada satu konflik atau tema saja. 

 

Jadi, selama dua jam , saya bisa nonton banyak film dan itu menyenangkan. Daripada menonton drama yang banyak episodenya. Meski tentu saja keseruan dan daya tarik serta kepuasan nonton drama dan film pendek tentu berbeda.

 

Saat menonton film pendek, say juga sering membaca nama para pemain,sutradara dan kru lainnya. Sebab , kebanyakan film pendek pemainnya bukan artis terkenal sih.Cuma salut dengan akting mereka, juga bagus dan memukau.

 

Film pendek ini, menghasilkan banyak pemain, sutradara dan seniman film baru, mereka yang punya hobi sama terhadap dunia film. Memliki ruang dan wadah untuk berkreasi, jadi bisa menyalurkan hobilah.

 


Nah, ngobrolin soal film pendek, Saya punya info buat yang suka nonton dan juga suka dengan film pendek. Mana tahu ada minat untuk membuat film pendek sendiri. Ada lomba film pendek nih, kalian bisa ikutan loh. Ajaklah keluarga, teman, sahabat untuk bergabung membuat film pendek . Lalu diikutkan ke lomba Kompetisi film pendek, Sundance Film Festival: Asia 2021, Persembahan IDN Media


festival film pendek


Sundance Film Festival


Sundance Film Festival: Asia, persembahan XRM Media dan IDN Media dengan bangga engumumkan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara di festival ini. Disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia. Kompetisi ini juga bertujuuntuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global.


Pendapat Para Tokoh Tentang Sundance Film Festival


Menurut,  Winston Utomo, CEO IDN Media: “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”


festival film pendek
Winston Utomo, CEO IDN Media


Lalu kata, Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival: “Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias.”


Ada juga pendapat, Michael Chow, Founder of XRM Media: “XRM Media merasa terhormat, bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global.”


Sedangkan menurut ,Arcadiy Golubovich, CEO Argo: “Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. Kami yakin misi kami untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek.”


Nah, menarik sekali ya ide di belakang penyelenggaraan festival film pendek ini. So, kau bisa segera bikin konsep ide film pendekmu dan ajak teammu untuk ikutan lmba film pendek. Siapa tahu kau adalah pemenangnya. 


24 comments

menarik nih kalo ngomongin festival film pendek asia 2021 atau sundacne film festival. sebagai penikmat film independen aku merasa bahagia banget

Reply

Kadang aku suka nontonnya aja nih film2 pendek, bisa meresapi. Sungguh salut sama yang dibalik layar yang membuatnyaa sampe menghasilkan karya buat penontonnya.

Layak banget buat mereka untuk mengikuti festival Sundance Film Festival Asia 2021 ini semoga makin banyak film2 yang berkualitas, informatif dan menghibur.
Sukses buat festival ini!!

Reply

Aku pun selama pandemi ini seringnya nonton film dan drama, ini seru juga ya mak acara festival filmnya. Berarti ini tuh terbuka untuk umum gitu ya mbak?

Reply

Sundance Film Festival ini tempat unjuk gigi sineas mancanegara ya. Untuk film2 pendek misalnya, jika bisa lolos masuk ke festival ini, sangat luar biasa penilaiannya dan membanggakan negara. Membangkitkan semangat membuat karya lebih baik, pastinya.

Reply

Baru tahu tentang Sundance Film Festival ini. Menarik juga ada event ini. Film pendek kadang masih suka nonton, soalnya langsung tamat, Kan, ya. Kadang kalau nonton film bersambung, kelupaan atau jenuh dengan episode panjang.

Reply

pas SMP aku kenal film pendek, dulu el meler, si adul itu. Kocak banget..
Unik2 biasanya ya mba film pendek, dan punya khas sendiri..maju terus perfilman anak bangsaaaa

Reply

Sundance film fetival, pas baca tuh dikira film sunda hehehe taunya itu nama dari festival film gitu ya. Asik juga nih kl ikutan nonton acaranya, jadi bisa tau film-film pendek yang dilombakan.

Reply

Festival Film Sundance ini sudah terkenal banget menelurkan banyak film keren ternyata bisa ditonton online ya jadi kita bisa ikut menikmati walaupun jauh lokasinya

Reply

Kupikir sejenis CGI short movie ternyata lebih ke film "beneran" ya
kalau kubuka film film pendeknya beragam .. coba nontonin ah

Reply

wah, seru banget nih ada kompetisi film pendek yang wajib diikuti para pembuat film. Di masa pandemi ini banyak bioskop yang tutup, ikutan kompetisi ini bisa jadi suntikan segar bagi para pembuat film deh

Reply

Dunia perfilman terus berkembang ya mbak. Smg ke depannya terus lahir insan perfilm yang kreatif dan profesional. tentunya tetap memperhatikan kualitas dan pesan moral yang disampaikan melalui layar.

Reply

Wah keren. Penasaran nih mau tau siapa saja yang nanti jadi pemenang di festival film ini. Yok ahh yang punya passion di dunia perfilman segera daftar dan kirim karyanya

Reply

Semoga akan lahir talenta baru dengan karya yang seru ari Sundance Film Festival Asia 2921 ini. Selamat dan sukses untuk helatannya!

Reply

Wah, pastinya para sineas dan insan kreatif dunia film menyambut antusias banget ya Mba
Semoga Sundance Film Festival Asia ini bs bermanfaat penuh ya

Reply

wah iya, menarik banget acara ini ya mbak
mendukung para sineas untuk semakin berkreasi menciptakan film film pendek yang berkualitas

Reply

Info yang menarik nih, kebetulan punya beberapa teman guru multimedia yang suka bikin film pendek bersama murid-muridnya. Ntar saya kasih tahu mereka ah, siapa tahu ada yang tertarik buat ikut

Reply

Wah ada nih temenku yang suka bikin film2 pendek gtu nbak, nanti aku infoin ah ke orgnya ttg lomba ini. Film pendek Indonesia tu aku sering liat di YT kdng temanya simple tapi jalan ceritanya bisa sangat bagus dan endingnya gak terduga.

Reply

Kompetisi film pendek seperti ini akan semakin membuat generasi sineas muda Indonesia semakin terpanggil untuk berkarya.

Reply

semoga yang terbaik menang wow banget hadiaahnya ya
pasti banyak yang ikut secara ini pada pandemi bikin kreatifitas jadi tambah besar

Reply

Film pendek Indonesia masa kini sangat menarik yaa..
Kalau digali lebih dalam lagi, bakatnya anak-anak muda ini, bisa banget mengalahkan drama Korea.
Karena budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia ini sangat banyak dan luas lo..

Reply

Luar biasa nih program IDN Media, program ini bisa mengangkat budaya Indonesia tentunya

Reply

Wah keren banget Sundance Film Festival Asia ini. Semoga bisa jadi ajang unjuk kebolehan sineas mudah Indonesia yaaa. Siapa tahu karyanya ada yang berhasil masuk ke kancah internasional.

Reply

Aku pernah beberapa kali nonton film pendek. Cerita-cerita nya bagus dan pesannya ngena. Semoga di Festival ini juga akan lahir film-film berkualitas 😃

Reply

Aku yakin dengan makin banyaknya kompetisi film pendek semacam Sundance Film Festival Asia ini kita bakal ketemu sama lebih banyak talenta sineas yang berkualitas. Amiiin!

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.