Menu

Thursday, April 2, 2020

/
Assalammualaikum. Wr. Wb

Apa kabar sahabat keluarga Nawra. Semoga sehat selalu ya.Kali ini mau ikutan #NulisSerempak mengikuti tantangan dari Blogger Bengkulu.

Kali ini tema yang akan Keluarga Nawara akan bahas mengenai  #NgapainAjaDiRumah.

Baiklah Keluarga Nawra akan berbagi cerita kalo di rumah ngapain aja sih selama ada himbauan #WorkFromHome karena wabah Covid 19 ini. 

Sama halnya dengan keluarga lainnya. Kami juga banyak berdiam dan melakukan aktivitas di rumah bersama-sama.


Sampai saat ini kami belum ada yang bosan sih. Masih asik-asik aja betah di rumah.

Kenapa bisa bosan. Kan sudah kumpul bersama ama keluarga, makan dan minum bareng, tercukupi, internet lancar, acara Televisi bagus-bagus. Jadi kenapa ngaak suka dan ngak betah.

Tapi iya sih, setiap orang dan setiap keluarga itu beda-beda.

Meski demikian. Keluarga Nawra juga ngak boleh membuang waktu percuma dan melalukan perbuatan yang sia-sia.

Berikut Ini Keluarga Nawra Bagikan Cerita Ngapain Aja kalo di Rumah.

Simak ya, mungkin ada hal yang sama kita lakukan.

Setiap anggota keluarga. Harus dan wajib bangun pagi. Melakukan aktivitas pagi seperti shalat dan membereskan tempat tidur.

Pagi hari itu sebelum jam tujuh pagi. Biasanya menu makanan sudah siap untuk disantap. Begitu pun dengan minumam. Seperti susu, teh, kopi atau air jeruk hangat. 

Aktivitas makan atau sarapan ini dilakukan secara santai sampai selesai sekitar jam delapan. 

Lalu Athifah dan Annasya mandi pagi.

Sering kejadian di TV itu film Marsha udah diputar. Saya sering menawarkan. Enak mandi sekarang, filmnya juga baru mulai. Jadi nanti lebih tenang. Biasanya mereka akan memilih mandi dulu. Sering juga mereka mandi sebelum film Marsha mulai.

Setelah Nonton Marsaha, Athifah lanjut shalat Dhuha dan mengerjakan tugas sekolah yang diinformasikan oleh wali kelasnya di grup WA.

Tapi suka diselingi dengan menjemur pakaian dan juga menjemur diri, sebentar saja, yang penting terpapar sinar matahari pagi.

Kalo si kakak, kerjanya pagi hari menjemur. Saya menyapu rumah, lalu ia lanjut mengepel rumah. Luas rumah sekitar 45 m , yah ngak terlalu capeklah kalo dipel.

Tak lupa si kakak juga shalat dhuha dan biasanya lanjut mengaji dan menghapal. Satu hari kami beri tugas untuk ngaji minimal satu juz perhari. Lalu ia ada tugas hapalan dari pondok, untuk menghapal surat Al Kahfi selama satu bulan. Setiap hari, menghapal 5 ayat. Nanti disetorkan dulu dengn orang tua. Lalu orang tua menyetorkan video hapalannya ke ustadzah.


Kalo Abahnya anak-anak, biasanya kebagian yang menyikat dan membersihkan kamar mandi, merapikan pekarangan rumah, mencabut rumput dan membakar sambah

Setoran Hapalan Sambil Tutup Mata

aturan setoran hapalan ini, dari pihak ponpes mengharuskan saat setoran hapalannya para santri harus memejamkan mata atau menutup mata. Untuk menghindari terjadinya perbuatan mencontek atau melihat hapalan. Yah, namanya saja menghapal dari rumah. Mungkin ada saja trik dan instrik yang akan dilakukan oleh santri.

Oke lah, tantangan untuk setoran hapalan sambil menutup mata. Bakal dilakukan oleh si kakak, ia sudah lumayan banyak hapalannya. In sya Allah bisa dan tepat sesuai hapalan.

Jam 11.00 Pagi Baru TV dan HP Hidup

Jadi saat Athifah belajar dan kakak menghapal, TV yang tadi hidup akan dimatikan. Nanti akan dihidupkan kembali jam 11.00 pagi. 

Si kakak diberi waktu main HP sampai jam 04.00 sore. Tapi ini posisinya internet tidak On terus. Jadi kadang yang aktif Internetnya hanya satu jam saja. Ini internetnya tetring dari handphone saya. Jadi gampang juga mengontrolnya.

Biasanya si kakak memilih untuk main HP, dan si Athifah dan Annasya nonton Televisi. Nonton MY KID sampai zuhur ke dua anak itu lakukan, sambil juga terus bolak balik makan camilan dan minum.

Nanti menjelang zuhur, HP dan TV dimatikan kembali lalu, kami shalat bersama-sama. 

Kadang anak-anak juga semuanya tidur loh, jadi memang waktu bebas sih. Kadang main sampai berserakan.
  
Aktivitas Sore Hari

Kalo sore, biasanya anak-anak mandi, main di teras, melakukan aktivitas santai sambil ngobrol-ngobrol. Biasanya ini emang nggak disambilin sama main HP. Kadang si kakak kembali ngaji dan menghapal. Si Athifah bermain sepeda. 


Saya melipat cucian, mereka juga suka ngumpul di dekat saya. Sambil membantu meletakkan pakaian mereka masing-masing yang sudah saya lipat tersebut.

Malam Hari #NgapainAjadiRumah

Usai shalat Magrib berjamaah, kami tilawah. Lalu ada yang setoran hapalan, belajar mengaji dan ini biasanya sampai jelang Isya.

Kemudian aktivitas anak-anak membaca buku, nonton, main tapi ngak boleh yang ada mainnannya alias tidak boleh berserakan. Kadang nonton yutub sama-sama. 

Si kakak,main Hp sambil mengerjakan tugas sekolah. sampai jam sembilan pagi. Setelah itu di suruh stop main Hp lalu tidur. 

Nah, begitulah aktivitas Keluarga Nawra di rumah, kalo kalian ngapain aja. Bagikan ceritanya dong di kolom komentar
4 comments

senangya bisa melakukan hal hal yang positif di masa pademi corona sekarang ini . apalagi melakukan kegiatan islami.. top deh

Reply

Saya kalau pagi bada subuh awal cek email cek grup keluarga. Off lanjut urusan rumah baru "ngantor "hahaha . Biasanya santai itu jelang mau magrib. Sehat selalu bu

Reply

Wah keren ya Kak. Anak2 memang harus dilatih disiplin sejak dini ya.. Sukses srla ya Kak..

Reply

Hai Nawra ...salam kenal ya. Hehe mba Milda aku juga seharian reminder buat aktivitas. Jadi Subuh, ishoma sampai kayak sekarang rebahan terjadwal hahaha

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.