Menu

Saturday, February 4, 2023

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Keluarga Nawra, apa kabar kalian hari ini. Semoga selalu sehat ya, berlimpah rejeki dan kesehatan. Kali ini kita akan berbagi kecerian saat berrkunjung ke Masjid Cheng Ho Kota Palembang. 


https://www.keluarganawra.com


Arsitek Khas Tiongkok Palembang


Masjid Cheng Ho ini juga dilengkapi dua menara serupa pagoda berwana merah, yang masing-masing diberi nama “Habluminallah” dan “Habluminannas” –”hubungan manusia dengan Allah” dan “hubungan dengan sesama manusia”.

Menara tersebut berbentuk pagoda dengan atap bersusun lima menjulang ke atas. Pada puncaknya ada kubah berbentuk lonjong yang diatasnya terpasang lambang bulan bintang

Kedua menara itu punya lima tingkat, yang melambangkan shalat lima waktu dalam sehari. Adapun tingginya mencapai 17 meter yang merupakan simbol dari jumlah rakaat yang harus dikerjakan setiap Muslim dalam sehari.

Sementara di bagian luar menara dibubuhi ornamen khas Palembang berupa tanduk kambing. Penggunaan ornamen khas tersebut bukan tanpa sebab, selain karena Masjid Cheng Ho ini dibangun di tanah Palembang, arsitek masjid ini menyadari adanya kedekatan antara kebudayaan Palembang dengan kebudayaan Tionghoa.


https://www.keluarganawra.com


Lokasi Masjid Cheng Ho


Masjid Cheng Hoo Palembang sebenarnya bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang adalah Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jakabaring Palembang. 

Lebih tepatnya masjid Cheng Ho ini beralamat di sini, JL. Pangeran Ratu No 15, Perumahan Top Atlit, Kec.  Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan


https://www.keluarganawra.com


Fasilitas Masjid


Meskipun letaknya berada di dalam perumahan, masjid ini tetap memiliki fasillitas yang cukup lengkap.

Di antaranya:

Sarana Ibadah

Tempat Wudhu

Kamar Mandi/WC

Pembangkit Listrik/Genset

Sound System dan Multimedia

Kantor Sekretariat

Halaman Parkir


https://www.keluarganawra.com


Pendiri Masjid


Masjid ini didirikan atas prakarsa para sespuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel, dan serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang. 

Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama 2003. Modal awal pembangunan masjid itu sekitar Rp 150 juta dari hasil kumpul-kumpul dengan kawan-kawan di PITI. Tanah tempat masjid berdiri merupakan hibah dari pemerintah daerah dan baru diresmikan pada 2006.

https://www.keluarganawra.com


Memiliki Imam Hafidz 30 Juz


Masjid yang didirikan warga keturunan ini juga memiliki imam baru yang sudah hafal 30 juz dari kitab suci umat Islam, Al-Quran yaitu Choirul Rizal. Di masjid ini juga tersedia tempat Pendidikan Al-Quran untuk anak-anak secara gratis.


https://www.keluarganawra.com


Masjid bernuansa pink ini juga membuat para pengunjung ikut berbahagia dengan suasana cerianya. Anak-anak pun senang beribadah dan bermain di masjid Cheng Ho ini.



Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.