Menu

Tuesday, August 22, 2023

/

Assalamu'alaikum,  Wr. Wb.

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra. Semoga sehat ya sehat juga saat berkendara. Di rumah kami ada satu motor matic,  satu lagi motor bergigi.  Kalo perawatan motor ini, yang matic lebih extra hati-hati dan tidak bisa sembarangan. Kalo salah, bukannya malah tambah bagus. Akibat yang ditimbulkan  malah semakin buruk jika salah memilih bengkel untuk servis dan perawatan rutin. Beda sama motor bergigi, kalo motor gigi, ya bisa dibilang agak bandel.


Untuk motor matic, emang buat jatah Ummi Nawra ke kantor, jemput anak dan wara-wirilah. Untuk perempuan motor matic memang lebih nyaman, mudah juga dikendarai.


Planet Ban idaman Keluarga Indonesia


Kalo buat antar anak sekolah karena pagi semua ikut pengantaran Abinya, pakai mobil. Sekaligus dua anak yang diantar, biasanya tiga  anak sih. Cuma anak yang tengah sekarang masuk siang. Jadi tidak ikut pengantaran sekolah pagi.


Untuk motor matic, ini adalah motor kedua. Motor kedua ini pun baru berusia sekitar satu tahun.


Berkaca dari pengalaman  motor matic sebelumnya,  motor ini sejak pertama beli sudah dirawat dan ikut jadwal servis rutin. Servis dan perawatan rutin dilakukan guna mencegah kerusakan yang lebih parah dan fatal seperti motor matic yang sebelumnya.


Ada sedikitnya 8 komponen yang ada pada motor matic yang harus diservis, dilakukan perawatan secara rutin.


 

Wajib Servis dan Perawatan 8 Komponen Motor 
Agar Tetap Nyaman



1.Tune up Motor Rutin


Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.


Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Ini sama kayak pemeriksaan awal, sebelum servis dan perawatan. Jadi kita akan diberitahu apa saja yang perlu diservis atau diberikan perawatan.


2.Oli Mesin


Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Pengendara perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km.


Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli


Oli Ester ini umumnya diperuntukan untuk kebutuhan balap, dimana mesin selalu bermain pada rpm tinggi dan membutuhkan suhu yang stabil. Oli Ester ini juga baik untuk Oli Motor Matic, untuk menjaga mesin motor tetap baik.


Oli dengan kandungan ester ini termasuk dalam base Oil dengan tingkat tertinggi saat ini. Adanya kandungan ester, membuat tingkat keausan bisa lebih minimal hingga 0%.


Fungsi kandungan ester ini mampu melindungi mesin pada putaran tinggi, sebab oli ini dapat menjaga suhu mesin lebih stabil. Bahkan, semakin lama dia bekerja justru output power mesin akan semakin membaik.


Pada motor harian dengan mobilitas tinggi, selain memberi kenyamanan dalam berkendara, tentunya akan lebih hemat. Jarak pakai oli ester biasanya lebih panjang dari oli full synthetic sehingga masa penggantiannya menjadi lebih lama.


3.Aki atau Accu


Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.


4.Busi


Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.


5.Kampas Rem


Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.


6.Oli Gardan


Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.


7.Filter Udara


Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.


8.Ban


Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.


Ada banyak rekomendasi Tempat servis dan perawatan motor ini. Bahkan di sekitar kita tinggal juga banyak tersedia bengkel motor.


Namun bengkel motor yang akan membuat motor kita setelah diservis dan dirawat seperti baru lagi!. Tidak semua bengkel motor bisa memberikan  hal tersebut.


Planet Ban




Planet Ban Rekomendasi Tempat Servis Motor 

Dengan Banyak Manfaat


Berbeda dengan PLANET BAN , tempat servis dan perawatan motor ini memberikan rasa lain pada motor kita setelah diservis. Motor akan terlihat baru  sisa debu, kotoran dan pembakaran tidak tertinggal. Jadi motor kita setelah diservis akan terlihat kinclong seperti pertama kali datang.


Selain itu,harga servis di Planet Ban juga sangat terjangkau di kantong. Tidak sampai menguras atau mengalihkan kebutuhan dapur. Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-


Untuk lokasi Planet Ban ini tersedia diperbagai Kota di Indonesia. Bisa di gugling dulu sebelum ke sana.


Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?


Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).


Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng


Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.


Terus  bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Jadi, dengan begitu banyak manfaat dan kemudahan yang diberikan Planet Ban. Yah, sudah Kalo mau servis dan perawatan motor ke Planet Ban aja. Chek juga website dan media sosialnya siapa tahu ada promo dan diskon.

15 comments

Tos mba, pemake motor matic juga aku. Lebih enak ya klo buat boncengin anak ato bawa barang belanjaan gitu.

Tapi mmng perawatan motor matic lebih harus ekstra yaa... Mayan banyak yang harus di cek pas servis. Untung sekarang bnyk tempat2 servis motor terpercaya yaa

Reply

Wah cucok nih bengkel yang bagus, harga terjangkau, memuaskan pelanggan jelas jadi pilihan

Reply

Lahhh trnyta banyak ya jenis perawatan motor ni? Bukannya ganti oli sama cuci motor aja ya.. hahahahahaha

Reply

Enaknya planet ban ini di setiap kota ada ya Mba, di daerahku selisih setgah jam ada planet ban

Reply

Suka mampir ke Planet Ban karena isi anginnya gratis. :D

Reply

Semenjak kenal planet ban tahun lalu, aku jadi pindah kesini kalo servis motor. Lokasinya juga lebih deket dari rumah

Reply

Keren mbak, aku juga pengendara roda dua yang jarak tempuh kendaraan perharinya terbilang tinggi krn salah satu anak, sekolahnya jauh sekitar 16 km dari rumah. Menjaga performa kendaraan sangat penting bagiku. Karena bila kesehatan motor terganggu maka aktivitas aku juga terhambat. Berhubung aku bukan orang yang memahami seluk belum kendaraan jadi aku tidak berani untuk servis motor sembarangan, takutnya kena tipu masalah biaya, yang seharusnya sekian diminta lebih besar. Informasi dari mbak sangat bermanfaat bagiku sebagai rekomendasi tempat servis kendaraan. Sukses selalu buat kita semua. Aamiin

Reply
This comment has been removed by the author.

Mantap ni rekomendasi tempat service yg bagus, harga bersahabat dan mekanik yg handal...ayo kita rajin service berkala di planet ban

Reply

Mantap nih ada tempat service yg bagus, harga bersahabat dan tentunya mekanik yg sudah berpengalaman...ayo service di planet ban

Reply

Blm pernah servis motor di Planet Ban. Kayaknya recomended nih,,

Reply

Blm pernah servis motor di Planet Ban. Kayaknya recomended nih,,

Reply

Info yang sangat bermanfaat.. recommended utk pengguna motor, utk merawat motornya..

Reply

Planet Ban terbaik sih, aku pernah ganti soal e. Teknologinya op

Reply

saya juga nih biasa ganti ban di planet ban, teknisijuga ramah

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.