Menu

Monday, May 22, 2023

/ /
Pengalaman Annasya Outing Class Ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat ,berlimpah rejeki dan kebahagian bersama keluarga. Kali ini kita mau cerita keseruan kegitan Annasya mengikuti outing class ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu yang sering disingkat dengan nama Damkar.




Kegiatan outing class ini memang sudah menjadi agenda rutin kelas Annasya. Oh, iya Annasya sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Asyfa di Simpang Nakau, letaknya tidak terlalu jauh dari rumah.




Sehari sebelumnya, guru sudah memberitahu orang tua lewat WA grup kelas. Bahwa akan dilaksanakan outing class. Jadi orang tua sudah tau informasi ini. Orang tua dan anak juga sudah mempersiapkan beberapa keperluan seperti biasa.




Yang kami persiapan adalah membawa minum dan snack tambahan di luar bekal yang biasa di bawah. Karena ini ke Damkar, Annasya juga menyiapkan baju ganti. Untuk persiapan jika bajunya basah.


Annasya sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ia sudah mendapatkan gambarannya seperti yang ia tonton di film Upin dan Ipin.


Seperti biasa, acara outing class anak berangkat bersama gurunya. Tidak ditemani orang tua. Anak-anak diantar dan dijemput di sekolah seperti biasa. Satu lagi, dalam kegiatan ini orang tua juga tidak mengeluarkan uang tambahan.


Jadi kalo ada info kegiatan outing class ini, orang tua dan anak biasa aja. Tidak ada persiapan yang khusus. Jadi tidak merepotkan.


Outing Class Annasya Ke Damkar


Kita kenalan dulu dengan apa itu Petugas Pemadam Kebakaran atau Damkar.Pemadam kebakaran, disingkat damkar, adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainya.


Apa tugas dari petugas Damkar?


Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mempunyai tugas melaksanakan Urusan Pemerintahan di bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat sub Kebakaran yang menjadi kewenangan Kota dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Kota.


Apa saja resiko yang dialami petugas Damkar?


Sedangkan risiko pekerjaan petugas pemadam kebakaran ketika di lokasi kebakaran berupa kecelakaan kerja dikarenakan listrik, suhu panas, api, bekerja di ketinggian, peralatan pemadaman, ledakan, backdraft dan flashover, kondisi bangunan yang terbakar, benda tajam, dan adu fisik dengan warga.


Berapa tinggi masuk Damkar?


Buat yang nanti mau atau berminat jadi petugas Damkar. Tinggi badan untuk pria minimal 165 cm dan perempuan 155 cm


Jenis kebakaran ada 4 Jelaskan apa saja?


Peraturan ini menjelaskan tentang penggolongan kebakaran menjadi empat jenis atau golongan, yaitu:

  1. Golongan A, yaitu kebakaran bahan padat kecuali logam.
  2. Golongan B, yaitu kebakaran bahan cair atau gas yang mudah terbakar.
  3. Golongan C, kebakaran instalasi listrik bertegangan. 
  4. Golongan D, kebakaran logam


Jenis api ada berapa?


Jenis - Jenis api : 


(1) Api kelas A adalah api yang berasal dari bahan yang mudah terbakar seperti : kayu, kertas, tekstil dan sebagainya. 

(2) Api Kelas B adalah nyala api dari bahan minyak, solar, bensin dan sebagainya.

(3) Api Kelas C adalah api yang berasal dari arus listrik (Korsleting).


Apa kepanjangan dari kata APAR?


Jenis – jenis, Fungsi dan Cara menggunakan APAR 


Jenis – jenis, Fungsi dan Cara menggunakan APAR ( Alat Pemadam Api Ringan) APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.


Jenis APAR ada berapa?


Mengenal 4 Jenis Alat Pemadam Ringan Beserta Fungsinya 

Berikut ini perbedaan jenis alat pemadam api ringan beserta fungsinya:

1. Alat Pemadam Api (APAR) Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder. 

2. Alat Pemadam Api (APAR) Busa / Foam (AFFF) 

3. Alat Pemadam Api (APAR) Air / Water.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Karbon Dioksida / Carbon Dioxide (CO2)


Berapa jarak APAR?


Syarat Penempatan dan Pemasangan APAR (Alat Pemadam Api. Jarak penempatan APAR / Tabung Pemadam satu dengan lainnya ialah 15 meter atau ditentukan lain oleh pegawai pengawas K3 atau Ahli K3. Semua Tabung Pemadam / APAR sebaiknya berwarna merah.


APAR diletakkan di mana?


Tempat penempatan APAR adalah pada area yang mudah diakses dan tidak terhalang oleh benda atau gangguan lainnya. Tepat di atas APAR dipasang haruslah diberi tanda APAR yang jelas dan sesuai standar. Pasang APAR di dinding dengan jarak minimal 15 cm dari lantai atau idealnya adalah 125 cm dari lantai.


Berapa lama APAR kadaluarsa?


Secara umum, masa kadaluarsa alat pemadam api ringan berkisar antara 2 hingga 5 tahun, dengan rincian sebagai berikut: APAR dengan media pemadam foam memiliki masa kadaluarsa 2 tahun. APAR dengan media pemadam CO2, dry chemical powder dan alternatif media pemadam lain seperti halon memiliki masa kadaluarsa 5 tahun.


5 langkah penggunaan APAR?


Tata Cara Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) / Tabung 


Tata Cara Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) / Tabung Pemadam Kebakaran

  1. Tarik/Lepas Pin pengunci tuas APAR / Tabung Pemadam.
  2. Arahkan selang ke titik pusat api.
  3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR / Tabung Pemadam.
  4. Sapukan secara merata sampai api padam.


4 Cara Menggunakan Alat Pemadam Api yang Benar dan Aman


Penyemprotan APAR sebaiknya tidak dilakukan pada jarak kurang dari 3 meter dari titik api. Kenapa jarak penyemprotan APAR tidak boleh lebih dekat dari 3-5 meter? Jika jaraknya lebih dekat dari pada 3 meter, dikhawatirkan jilatan api akan mengenai tubuh pengguna APAR.


Setelah membaca banyak informasi mengenai petugas Pemadam Kebakaran alias Damkar, berikut ini adalah foto-foto kegiatan Annasya bersama teman sekolahnya saat berkunjung ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu








Nah, ini sedikit cerita soal outing class Annasya ke kantor Damkar serta cerita pengetahuan dan wawasan seputar Petugas Pemadam Kebakaran. Semoga menjadi tambahan pengetahuan. Semoga anak-anak kita nanti punya inspirasi untuk menjadi petugas Damkar terbaik.

Saturday, May 20, 2023

/ /
Ciri Khas Pendap Manna Yang Merupakan Makanan Tradisional Terpopuler

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat keluarga Nawra, semoga selalu sehat dan bahagia. Kali ini keluarga Nawra mau cerita pengalaman berburu Pendap Manna yang enak dan viral.


Buat kalian warga Bengkulu dan penikmat serta pencinta kuliner Bengkulu. Pasti sudah tau dengan kuliner khas yang bernama Pendap ini. Selain enak, rasanya juga bikin kangen khas tidak ditemukan di sajian menu lainnya.


https://www.keluarganawra.com


Awal Selera Makan Pendap


Beberapa waktu lalu, saat kami melakukan perjalanan ke Bengkulu Selatan. Dalam perjalanan, saya bilang sama suami. Nanti kalo pulang mau membawa Pendap. Tapi kalo nanti masuk kota Manna, ada yang jual Pendap di jalan yang kita lewati, tolong mampir.


Suami deal, beli Pendap tapi jika terlihat di jalan saja sebab kami mau melanjutkan perjalanan hingga ke kabupaten kaur. Masih sekitar dua jam lagi dari Manna.


Memasuki Manna, di sepanjang jalan mata saya tak lepas ke kiri dan kanan untuk melihat penjual Pendap yang ada di sekitar jalan yang kami lewati. Ternyata tidak ada yang menjual, apa sudah habis. Mengingat sudah menjelang jam tiga sore. Bisa jadi sudah habis, kami berbaik sangka saja.


Kami terus jalan, sampai di simpang Rukis Manna. Anak dan suami minta makan. Kami mampir ke pecel Anak Lanang. Makan sembari mengistirahatkan badan dan MCK. Sembari menikmati makanan saya dan suami ngobrol. Salah satu obrolan kami, ingin mampir ke rumha saudara suami yang tinggal di Manna ini. Suami pun menelpon , kemudian setelah makan kami berencana mampir ke rumahnya dulu.


Rumah saudara suami itu, terletak di pinggir jalan. Sebelumnya kami sudah pernah datang ke sini. Pas tiba di lokasi, rumahnya sudah berubah menajdi bengkel motor. Suami kembali menelpon, ternyata memang sudah pindah. Kami diminta untuk menunggu, mereka akan menjemput.


Singkat cerita karena tiba di rumah saudara sudah malam, kami pun menginap di sana dan besok pagi saja melanjutkan perjalanan ke Kaur.


Sambil ngobrol makan malam, kami bercerita keinginan untuk membeli Pendap. Ternayta setelah mereka hubungi tukang Pendap yang enak itu sedang tidak berjualan. Ada suadaranya yang pesta. Jadi jualan kembali di hari senin. Jadi sekitar 3 hari lagi.


Suami merasa penasaran kemudian menghubungi temannya yang juga orang Manna, ternyata dari teman suami itu sama infonya. Tidak jualan untuk sementara waktu. Mau pindah ke pedagang lain, tidak disarankan sama saudara kami. 


Yah, akhirnya lupakanlah sejenak soal Pendap. Mari kita tidur, istirahat agar sehat bugar melanjutkan perjalanan esok hari.


Mengenal Pendap Manna , Bengkulu Selatan


Pendap adalah salah satu makanan khas dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Rasanya pedas dan gurih. Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sajian ini berupa ikan yang diolah dengan bumbu khusus bersama dengan kelapa parut dan dimasak dalam bungkusan daun talas dan daun pisang.


Pendap sering dinikmati sebagai lauk dalam sesi makan keluarga. Sementara itu pada masa lalu pendap sering disajikan pada upacara adat. Merupakan makanan para bangsawan.


Masak Pendap butuh sekitar delapan jam untuk mendapatkan rasa yang enak, gurih dan lezat. Selain itu proses yang lama ini juga mengurangi rasa gatal pada ikan dan daun talas atau keladi yang digunakan. 


Jadi secara umum tampilan pendap hampir sama dengan ikan pepes secara umum. Yang menggunakan aneka bumbu dan parutan kelapa muda. Namun yang membedakan, pada Pendap menggunakan bumbu dan santan yang ditumis dan bumbu yang sama tapi tidak ditumis untuk dilumurkan pada ikan. 


https://www.keluarganawra.com



Untuk ikan ada banyak pilihan  yang bisa digunakan untuk Pendap, seperti ikan kakap, gemuru, terusan, atau kembung. 


Ikan yang sudah dilumuri bumbu tadi, kemudian dibungkus dengan daun talas, dan bagian luarnya dibungkus lagi dengan daun pisang dan diikat daun pandan. Saat ini, selain menggunakan daun talas atau keladi. Ada pendap yang menggunakan daun ubi singkong dan daun pepaya.


Pendap cocok dijadikan lauk makan dalam berbagai situasi. Apalagi jika disajikan dengan  nasi yang panas bisa meningkatkan selera makan. Bumbu Pendap sudah pedas, jadi tidak perlu ada tambahan sambal lagi. Ditemani jengkol muda, duh enak sekali. 


Denaga bahan yang digunakan, cara memasak, hasil tampilan setelah dimasak, rasa yang dirasakan setelah memakannya. Memang sangatlah beda dengan sejenis sajian pepes dari daerah lain, inilah yang jadi ciri khas Pendap Manna.


Pendap Manna Yang Merupakan 
Makanan Tradisional Terpopuler


Begitu fenomenal Pendap ini, viral dan disukai oleh banyak orang. Sering dijadikan sajian untuk tamu, oleh0oleh dan lauk sehari-hari masyarakat Bengkulu. Akhirnya makanan tradisional Bengkulu Selatan yakni pendap menerima sertifikat dari Kemenkumham RI, 21 Juni 2021


Hal ini dilatarbelangi sejak Pendap mendapatkan perhatian Pemerintah lewat ajang Anugerah Pesona Indonesia ( API) .Pendap yang menjadi salah satu nominasi makanan tradisional populer Indonesia. Bersama dengan makanan khas dari Waringin Barat dan Nusa Tenggara Timur.


https://www.keluarganawra.com


Event yang dimotori oleh Kementerian Pariwisata RI tersebut mendudukan makanan khas Bengkulu Selatan yaitu Pendap di urutan ketiga sebagai makanan khas terpopuler se-Indonesia.


Penyerahan penghargaan sebagai makanann tradisional populer diterima oleh Bupati Bengkulu Selatan yang dilaksanakan di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis malam (20/5/2021).


Cerita Kami Berburu Pendap Manna


Kami pun tiba di Kaur, usai mandi di pantai Cukoh, kami ke hotel Zaffa untuk istirahat. Dalam perjalanan saya masih juga berbincang dengan suami mengenai keinginan untuk makan Pendap. Moga hari ahad ketika kita pulang nanti ketemu penjual Pendap di jalan Manna.


Malamnya saya bermain handphone, lalu teringat salah satu teman yang keluarganya  emang tinggal di Manna. Dia teman sekantor saya, saya minta bantuan dia untuk mencarikan info soal penjual Pendap.


Jadi rencanya, nanti pas masuk kota Manna, kami tinggal kontak beliau. Pendapnnya sudah ada, tidak perlu mencari-cari lagi. Saya masih penasaran loh.


Akhirnya oleh taman saya, saya dihubungkan ke Bucik Dewi. Dari dia, saya diberikan kemudahan dan keinginan yang saya inginkan, membeli Pendap. Setelah saling bertelpon dan lanjut chat via WA. Kami pun deal.


https://www.keluarganawra.com
Daun Talas Pembungkus Pendap


Jadi, Bucik Dewi akan membelikan dulu Pendapnya, kemudian tiba di Manna kami saling kontak. Untuk jasa pembelian Pendap ini, dia meminta uang jasa dua puluh ribu. Oh, ya untuk harga pendapnya ada yang seharga dua puluh ribu dan ada yang super seharga dua puluh lima ribu. Kami pesan empat yang super.


Ternyata, memang tukap Pendap yang dihubungi saudara suami dan teman suami keamrin adalah orang yang sama dihubungi Bucik Dewi ini. Cuma bedanya, Bucik langsung membeli ke lokasi. Jadi kenapa dia tidak jualan karena ada saudara yang di dekat rumahnya menikah. Tapi ia tetap produksi Pendap. Jadi kalo beli di rumah, bisa dilayani.


Alhamdulilah, akhirnya dapat juga Pendap Manna yang viral itu. terima kasih Nana dan Bucik Dewi yang sudah membantu. Dalam perjalanan, aroma Pendap menggodah banget untuk dimakan, godaan nih. Sabarnya tiga jam lagi baru sampai rumah. Nanti dikukus kembali sebelum dimakan ya.




Thursday, May 18, 2023

/ /
Korset Celana Pelangsing Perut dan Paha yang Bagus

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, bagaimana kabar badan? sehatkah semoga selalu sehat yah. Bagaimana kabar perut? apa masih aman atau sudah buncit. Sudah pernahkah mencoba menggunakan celana dalam korset.


Celana dalam korset ini, adalah celana dalam tapi sekaligus juga bisa berfungsi seperti korset. Mungkin yang tren dan hits saat ini adalah celana dalam korset Munafie. Mirip seperti itulah kira-kira celana dalam korset.


Baca juga :  Trend Fashion Terkini


Kali ini keluarga Nawra akan membahas seputar celana dalam korset tersebut sebagai tambahan wawasan dan pengetahun sebelum memutuskan untuk membeli atau mengunakan celana dalam korset tersebut.


https://www.keluarganawra.com


Apa Fungsi Dari Celana Korset


Korset merupakan celana fungsional yang membantu tubuh bagian bawah terlihat lebih singset. Korset dapat mengoreksi tonjolan lemak pada tubuh. Korset dengan desain yang menjangkau perut hingga paha dapat memberikan efek langsing dan menghasilkan lekuk tubuh yang indah.


Celana Dalam Korset Adalah


Sejenis slimming pants seperti korset tapi tidak berkawat, terbuat dari bahan elastis seperti bahan celana dalam. Tapi celana dalam ini mampu menahan peut buncit agar tidak terlihat buncit, melar atau terlihat bergelamir. Mampu membantu menyembunyikan lemak-lemak yang ada di perut.


Baca Juga : Felancy Sport Bra


Secara umum, kita kenal korset itu adalah celana yang dilengkapi dengan kawat. Menggunakan boning logam sebagai pengeras di kiri kanan celana. Sedangkan celana dalam korset ini, tidak demikian. Tidak ada bahan kawat di celananya.


Celana Dalam Korset Efektif Untuk Berat Badan Berapa?


Celana dalam  Korset untuk ukuran All Size adalah untuk BB 40 - 80 Kg


Apa Manfaat Pakai Korset Tiap Hari?


  1. Meratakan Perut Buncit Dan Gelambir. 
  2. Efektif Untuk Pasca Melahirkan. 
  3. Membantu Mengurangi Nafsu Makan. 
  4. Memperbaiki Postur Tubuh. 
  5. Membuat Posisi Duduk Lebih tegap. 
  6. Membuat Tubuh Lebih Berbentuk. 
  7. Mengurangi Berat Badan. 
  8. Memberi Perubahan Signifikan.

Ada Tiga Jenis Celana Korset 


  1. Hight waist, menjangkau seluruh bagian perut
  2. Middle waist, merampingkan perut bagian bawah
  3. Low waist, cocok digunakan bersama bawahan model low-rise botto
https://www.keluarganawra.com


Apakah Memakai Korset Bisa Membuat Perut Langsing?


Penggunaan korset secara rutin memang dapat membantu pembentukan perut agar lebih ramping, dan akan lebih efektif jika digunakan dengan melakukan olahraga yang bertujuan untuk mengencangkan perut dan membakar lemak di perut.


Memakai korset, baik saat tidur atau tidak, dianggap bisa membuat pinggang menjadi lebih ramping, pinggul lebih berlekuk, dan payudara lebih menonjol. Poin ini lebih lanjut mengatakan bahwa penggunaan korset jangka waktu panjang akan melatih tubuh menjaga bentuk tersebut


Apakah Boleh Memakai Korset Setiap Hari?


Dalam kasus ini, memakai korset setiap hari berisiko menyebabkan atrofi dinding perut dan atrofi otot perut bagian samping (oblique). Akibatnya, bukannya terlihat sehat dan kencang, massa otot di perut pun justru melemah.

Namun sebaiknya penggunaan korset, tidak lebih dari enam jam. Jika sudah enam jam sebaiknya dibuka terlebih dahulu. Kemudian jika diperlukan kembali, bisa dipakai lagi. Setelah beberapa jam kemudian.


Baca Juga : Keuntungan Belanja Tas Original Zalora


Apa Manfaat Pakai Korset di Malam Hari?


Beberapa kasus menunjukkan bahwa memakai korset pada waktu tidur dapat memberi perubahan signifikan dalam upaya 'pembentukan' tubuh yang lebih ideal. Berkurangnya lingkar pinggang, meratanya perut buncit dan hilangnya gelambir lemak, semakin berisinya pinggang dan payudara.


Selain itu, penggunaan korset yang dilakukan saat tidur juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan dan dapat menyebabkan GERD, yang umumnya dapat mengalami kekambuhan pada posisi tubuh yang berbaring yang diikuti dengan pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan pemicu naiknya asam


Apakah Celana Korset bisa di cuci?


Sama dengan saat  mencuci pakaian dalam, sebaiknya korset dicuci secara manual dengan menggunakan tangan. Gunakan deterjen cair yang ringan saat menyuci korset. Jadi tidak disarankan untuk mencuci korset menggunakan mesin cuci.



Tuesday, May 16, 2023

/ /
Ketika Anak Perempuan Haid Pertama Menurut Islam

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat berlimpah rejeki dan kesehatan. Nah, kali ini keluarga Nawra mau cerita mengenai haid pertama yang dialami Athifah.


Tanggal 17 Maret selain kami peringati sebagai hari jadi kota Bengkulu. Ternyata tanggal tersebut juga kami ingat sebagai hari pertama kali Athifah haid. Ia anak kedua, adiknya Nawra.

https://www.keluarganawra.com
Athifah saat menemani saya mengisi acara literasi digital


Awal Mulai Sakit Haid Pertama Kali


Beberapa hari, Athifah mengeluh perutnya sakit, terasa tidak nyaman bahkan sempat mual-mual. Mendengar keluhan itu, saya pun memberikan minya telon di perutnya. Saya usap-usap sambil saya bacakan surat Al Fatiha dan tiga kulhu. Rasa sakitnya sedikit mulai hilang dan Athifah mulai lupa dengan rasa nyeri perutnya.


Keesokkan harinya, Athifah kembali mengeluhkan tidak nyaman di perutnya. Saya kembali memberikan perawatan yang sama seperti kemarin. Tapi sepertinya, ini agak berbeda. Athifah masih belum berasa nyaman, ia terus mengeluhkan rasa sakit sambil memegang perutnya. 


Lalu, suami berseloroh,"Kali dia mau menstrusi!" Saya juga mengira begitu.Ketika saya pegang dan tepuk-tepuk halus perutnya terdengar dengan jelas seperti suara perut yang kembung. Sama seperti yang saya rasakan ketika akan mengalami datang bulan.


Haid Pertama Bagi Anak Kedua Kami


Malam harinya, benar seperti dugaan awal suami dan saya. Athifah mengalami menstruasi. Ia mengalami menstruasi di usia 9 tahun 9 bulan. Nanti bulan Juni Athifah genap berusia 10 tahun.


Saya pun mengajarkannya untuk menggunakan pembalut. Memberitahunya untuk mengganti setiap sudah terasa penuh atau setelah pemakaian sekitar 3-4 jam. Ia harus ganti pembalut.


Untuk kenyamanan di malam hari, saya sarankan untuk menggunakan pembalut khusus malam hari. Dimana ukurannya lebih besar dan pembalut siang. 


Saya juga mengajarkan bagaimana menganti pembalut, membersihkannya serta meembuangnya. pembalut yang sudah dipakai ketika akan dibuang harus dimasukan ke dalam kantong kresek dan diikat dengan kuat. Supaya tidak luar atau tercecer ketika dibuang ke bak sampah.


Mengenal Menstruasi Bagi Anak 

Untuk Pertama Kali



Menarche atau menstruasi 


menarche atau menstruasi pertama normalnya terjadi pada usia 10-14 tahun. Namun, pada beberapa kondisi, haid pertama juga bisa terjadi lebih awal, yaitu pada usia 9 tahun. Namun Anda juga perlu tahu bahwa menstruasi pertama kali dapat terjadi lebih lambat, yaitu pada usia 15 tahun atau lebih.


Fase pubertas anak perempuan ditandai dengan haid atau menstruasi pertama. Tanda-tanda menstruasi pertama (menarche) ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Darah tersebut awalnya berupa bercak berwarna kecokelatan dan jumlahnya sedikit.


Menstruasi Dalam Islam


Dalam kitab Risaalah ad-Dimaa' ath-Thabi'iyyah li an-Nisaa' dijelaskan bahwa haid, secara bahasa, berarti mengalirnya sesuatu. Sedangkan secara syar'i maknanya adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita secara alami tanpa sebab apapun di waktu-waktu tertentu. 


Apakah normal anak kelas 4 SD sudah datang bulan?


Disebutkan, 3 dari 10 siswi kelas 4 SD atau 30 persennya sudah mengalami menstruasi. Angka ini terus menanjak di kelas 5 SD yang mencapai 48 persen dan kelas 6 sebanyak 59 persen.


Usia Anak Perempuan Haid Dalam Islam


Semua ulama mazhab bersepakat bahwa haid  akan dialami seorang anak perempuan minimal pada usia sembilan tahun. 


Jadi, menurut ulama Syafi'i, Maliki, Hanbali dan Hanafi,  jika anak perempuan belum mencapai umur sembilan tahun, namun sudah mengeluarkan darah dari tubuhnya, maka itu bukan darah haid, tapi darah penyakit.


Kenapa anak jaman sekarang lebih cepat menstruasi?


Dampak Menstruasi di Bawah Usia 10 Tahun. Menstruasi terlalu dini biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan. Hal ini termasuk paparan polusi udara dan gaya hidup yang kurang sehat. Berikut ini faktor gaya hidup yang menyebabkan menstruasi terlalu dini, seperti: Konsumsi junk food berlebih.


Berapa lama anak haid pertama kali?


Namun normalnya, menarche atau menstruasi pertama biasanya akan berlangsung selama 3-7 hari setiap bulannya. Jangan khawatir, menstruasi setiap bulan tidak akan menghalangi anak Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, karena baru awal-awal menstruasi, biasanya siklus tiap bulannya belum teratur.


Warna Darah Haid Pertama 


Imam Syafi‟i mengatakan bahwa warna darah haid ada lima, yaitu: yang paling kuat adalah darah yang berwarna merah kehitam-hitaman, yang mengiringinya darah yang berwarna merah, cairan berwarna abu-abu, cairan kuning, cairan berwarna keruh.


Seputar Minum Es Saat Haid  dan Pembalut 


Apakah boleh minum air es saat haid?


Mengonsumsi air dingin ataupun es saat menstruasi boleh dilakukan. Konsumsi air dingin atau es tersebut tidak akan mempengaruhi siklus menstruasi atau malah menyebabkan darah menstruasi menjadi beku karena tidak ada hubungan antaraminum air dingindengan menstruasi.


Kenapa wanita harus menggunakan pembalut?


Pembalut membantu dalam menampung dan menyerap darah menstruasi. Masing-masing wanita akan memiliki aliran darah haid yang berbeda, ada yang keluar dengan sangat banyak, ada yang wajar. Apapun pembalut yang kamu pilih, kamu harus menggantinya secara teratur.


Berapa kali kita mengganti pembalut dalam sehari?


Menurut pakar kesehatan, seseorang perlu mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Berbeda dengan tampon yang harus diganti setiap dua jam sekali. Akan tetapi, durasi tersebut tidak bisa disamaratakan, karena kualitas dan kebutuhan pribadi seseorang akan berbeda-beda.


Apa akibat jika tidak mengganti pembalut?


Kesalahan seperti tidak mengganti pembalut akan mengakibatkan infeksi jamur dan bakteri yang juga dapat menyebabkan ruam dan iritasi.


Sebaiknya pengunaan pembalut hanya sekitar 3-4 jam, setelahnya harus diganti dengan yang baru. Sebab pengunaan pembalut yang cukup lama akan menimbulkan efek tidak baik, bagi kesehatan.


Apa efek memakai pembalut?


“Efek penggunaan pembalut atau pantyliner pada wanita dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan keputihan dengan bau yang menyengat hingga gatal-gatal pada daerah vagina,” ungkap dr. Ema, seperti yang dikutip prfmnews.id dari YouTube Emasuperr pada Jumat 24 Juni 2022.


Mengapa saat memakai pembalut terasa gatal?


Bintil-bintil dan Gatal saat Menstruasi-Pembalut Wanita.Penyebab utamanya adalah kelembaban dan gesekan. Terus-menerus menempel dengan pembalut akan menyebabkan vagina menjadi lembab. 


Di dalam kondisi demikian, tidak heran jika kamu akan mendapatkan bintil-bintil yang disebabkan oleh iritasi pada kulit dari darah haid maupun keringat pada pembalut yang tidak terserap.

https://www.keluarganawra.com


AVAIL Rekomendasi Pembalut Sehat


Untuk rekomendasi pembalut yang sehat dan tidak terbuat dari klorin adalah Avail. Pembalut Avail terbuat dari apa?


1. Pembalut Avail terbuat dari kapas murni tanpa campuran bahan kimia. 

2. Mengandung tujuh belas macam herbal yang sangat bermanfaat untuk -mencegah dan membantu mengatasi masalah kewanitaan.


Ada tiga pilihan produk Avail, ada pembalut khusus siang, malam dan pentiliner. Ketiga jenis pembalut ini terbuat dari bahan kapas, tidak mengandung klorin. Istilah tren saat ini adalah pembalut herbal.


https://www.keluarganawra.com


Untuk pemakain pembalut avail ini memberikan efek segar, mint terasa ada seperti dingin-dinginnya. Selain itu baunya juga wangi, jika kemasannya dibuka akan langsung tercium aromay wangi seperti aroma therapy.


Sebaiknya untuk anak haid, apalagi haid pertama karena masih awam sarankan gunakan pembalut herbal yang lebih sehat dan tidak berbahaya. 


INGIN PEMBALUT AVAIL. Untuk mendpatkan pembalut avail ini, bisa segera chat saya klik saja https://wa.me//6282177993000. Semoga bermanfaat.




Sunday, May 14, 2023

/ /
Mie Kangkung Apakah Halal

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat keluarga Nawra, sudah liburan kemana aja nih. Sudah makan Mie Kangkung? Olahan mie dengan campuran kangkung ini emang nikmat. Apalagi kalo disajikan dalam keadaan hangat.


Mi kangkung atau Mie Kangkung, adalah hidangan Indonesia berupa mi berkuah kental yang disajikan dengan kangkung, biasanya juga termasuk bakso dan jamur. Hidangan ini adalah hidangan khas Betawi dari Jakarta, Indonesia.


Mie kangkung adalah salah satu hidangan hasil dari  bentuk akulturasi antara budaya Betawi dan Tionghoa. Jika berdasarkan tampilannya, Mie Kangkung serupa dengan lomie yg berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut. 


https://www.keluarganawra.com
Dok Detikfood


Ada yang bisa membedakan  antara Mie Kangkung dan Iomie, silakan berbagi di kolom komentar yah.


Mengenal Macam Mie Kangkung


Ada beberapa macam Mie Kangkung, seperti Mie Kangkung kuah, Mie Kangkung ayam, Mie Kangkung Belacan ,Mie Kangkung Tomat, Mie Kangkung lomie dll. Dari beberapa jenis Mie Kangkung tersebut mie mana aja yang pernah atau sering kamu makan atau ada jenis Mie Kangkung lainnya.


Toping Mie Kangkung


Mie kangkung disajikan dengan berbagai topping ada, ayam jamur, daging, udaang, telur rebus, tauge rebus dan disiram dengan kuah kental beraroma ebi yg khas. 

https;//www.keluarganawra.com
Dok Detikfood


Mie Kangkung Apakah Halal


Sejak dulunya mie kangkung termasuk kudapan non halal. Menggunakan topping atau campuran babi.Namun sekarang sudah banyak kedai Mie Kangkung halal, yang menggunakan bahan baku dan cara memasak yang halal.


Menurut sebuah cerita yang beredar di dunia maya.Berdasarkan cerita para sepuh penjual Mie Kangkung yang berada di Jakarta. Diceritakan bahwa sejak Mie Kangkung sering menjadi langganan istana. Waktu itu jaman presiden Soeharto. Mie Kangkung di rubah toppingnya dengan menggunakan ayam. 


Sejak saat ini, Mie Kangkung mulai dikenal dengan mie kangkung halal dengan menggunakan topping ayam. Bahkan hingga sekarang ada banyak pilihan topping mie kangkung dan tentunya halal.


https://www.keluarganawra.com


Apakah Masih Ada Mie Kangkung Legend


Seperti diketetahu bahwa sejak awal mie kangkung ini adalah makanan non halal yang mengandung Babi. Yang sangat populer sampai sekarang yang dijual adalah  mie kangkung si Jangkung.


Selain itu masih ada mie kangkung yang mengandung babi seperti mie kangkung babi Mang Ujang yang berjualan di sekitaran Mangga besar 13A, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Hal tersebut pun diketahui pada review makanan yang dilakukan oleh konten kreator pada channel YouTube Goyang Leper pada 3 September 2022.


https://www.keluarganawra.com


Saran Dari Keluarga Nawra


Saat ini ada banyak pilihan kudapan Mie Kangkung yang halal dengan berbagai jenis topping. Untuk keluarga muslim, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih tempat untuk makan. Sebaiknya perhatikan juga tempat, lokasi dan rekam jejak tempat kita makan, apalagi jika bersama dengan keluarga. Maka sebaiknya tempat makan tersebut menjual menu halal dan cara masaknya juga halal.


Mengapa kita harus memilih makanan yang halal?


Allah S.W.T pasti akan memberikan ganjaran dan menempatkanmu di tempat yang terpuji. Dengan mengkonsumsi makanan halal dan minuman halal juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan serta sebagai bentuk ungkapan rasa cintamu kepada Allah S.W.T yang maha pencipta.


Friday, May 12, 2023

/ /
Tisu Wajah Merek Apa Yang Sudah Memiliki SNI

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat keluarga Nawra, apa kabarnya. Usai lebaran ini semangat kita ya buat nyari uang sampingan. Bagi saya yang dulunya emang sudah pernah punya toko buku dan pakaian. Berdagang memang sudah biasa dan menajdi kegemaran juga.


Berhenti berdagang saat hamil anak keempat dan ketika sudah kembali kerja lagi di kantor. Jadi tidak lagi berdagang. Sebenarnya sayang, namun waktu itu ada skala prioritas sehingga aktivita berdagangnya terpasa diberhentikan dulu.


Berdagang Online Lebih Asik


Sejak maraknya jualan online, jiwa berdagang saya juga meronta ingin berdagang. Mulai terpikir mau berdagang apa yah. Sambil lihat situasi dan membaca pasar. Saya pun juga mulai mengajak anak terlibat, mereka sudah bisa menggunakan smartphone. Jadi bisa membantu untuk promosi atau membuat konten promosi.


Saya Mulai terpikat untuk berdagang TISU.


https://www.keluarganawra.com
Tisu, item wajib di bawa saat bepergian


Kenapa Tisu, waktu itu simple aja mikirnya, dia ringan, diperlukan setiap saat dan tidak cepat rusak. Tisu termasuk barang dagangan yang tidak terlalu banyak resikonya. Kalo tidak habis hari ini, bisa disimpan dan dijual kembali besok atau di hari selanjutnya.


Ada banyak merk Tisu


Saya memilih tisu yang sudah ber SNI, supaya ke depannya jualannya juga aman dan nyaman sebab barangnya sudah standar nasional. Untuk menghindari masalah di kelak kemudian hari. Jadi pilih yang sudah jelas, ber SNI saja.


https://www.keluarganawra.com


Apa Itu SNI 


Standar Nasional Indonesia (SNI), adalah standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh komite teknis dan ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).


Penerapan SNI pada dasarnya bersifat sukarela, namun untuk keperluan melindungi kepentingan umum, keamanan negara, perkembangan ekonomi nasional, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup, maka Pemerintah dapat memberlakukan SNI tertentu secara wajib.


Pemerintah dalam hal ini kepala lembaga pemerintah nonkementerian dan/atau menteri, bisa menerapkan produsen atau suatu produk tertentu menjadi SNI wajib dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti:


1. Kesiapan infrastruktur LPK;

2. Daya saing produsen nasional dan persaingan usaha yang sehat;

3. Keamanan, keselamatan, kesehatan dan pelestarian fungsi lingkungan hidup;

4. Kesiapan dan kemampuan dunia usaha nasional;

5. Adat istiadat, budaya, atau tradisi berdasarkan kearifan lokal dan/atau

6. Kepentingan nasional yang lainnya sesuai dengan ketentuan dari peraturan perundang-undangan.


Badan Standardisasi Nasional dibentuk dengan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 1997 yang disempurnakan dengan Keputusan Presiden No. 166 Tahun 2000 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen sebagaimana telah beberapa kali diubah dan yang terakhir dengan Keputusan Presiden No. 103 Tahun 2001, merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi di Indonesia. 


Badan ini menggantikan fungsi dari Dewan Standardisasi Nasional – DSN. Dalam melaksanakan tugasnya Badan Standardisasi Nasional berpedoman pada Peraturan Pemerintah No. 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional.


https://www.keluarganawra.com


Manfaat Barang Sudah Ber SNI


Adanya SNI akan membantu konsumen untuk memilih produk yang berkualitas. Adanya SNI akan membantu konsumen terbebas dari produk yang berbahaya bagi keselamatan hidup, kesehatan, ataupun lingkungan. SNI juga membuat konsumen dapat menikmati barang yang sesuai antara harga dan kualitasnya.


Sedangkan manfaat diterapkan SNI bagi produsen, selain memperoleh “Keuntungan sertifikasi SNI bagi Produsen, diantaranya adalah produknya mempunyai nilai daya saing lebih serta meningkatkan kepercayaan konsumen. Barang tertentu bisa dilarang beredar bahkan bisa ditarik dari pasaran jika belum memiliki SNI.


Bagaimana cara mengecek SNI?


Berikut cara menelusuri SNI suatu produk

  1. Ketik kata kunci pencarian spesifik pada Judul dalam bahasa Indonesia lalu klik "Cari data"
  2. Atau ketik nomor SNI bila sudah mengetahui nomor standar lalu klik "Cari data"


Apa yang terjadi jika ada produk yang tidak memiliki label SNI?


Label SNI merupakan upaya untuk melindungi konsumen dari produk yang berbahaya dan tidak layak, untuk itulah jika ada produk yang tidak ada SNInya, maka konsumen diminta untuk tidak membelinya. "Jika tidak ada label SNI jangan dibeli, karena tidak ada jaminan barang tersebut aman untuk dipakai.


Bagaimana jika produk tidak ber SNI?


Label SNI merupakan upaya untuk melindungi konsumen dari produk yang berbahaya dan tidak layak, untuk itulah jika ada produk yang tidak ada SNInya, maka konsumen diminta untuk tidak membelinya. "Jika tidak ada label SNI jangan dibeli, karena tidak ada jaminan barang tersebut aman untuk dipakai.


https://www.keluarganawra.com
Pesanan Tisu Untuk diantar


Tisu masuk kategori apa?


Tissue termasuk kedalam jenis convenience product. Artinya barang yang dibeli tanpa memerlukan usaha dan pertimbangan yang banyak. Contoh produk lainnya yang termasuk kedalam convenience product adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, produk kebersihan seperti sampo, sabun, pasta gigi, dll.


Nomor SNI Tisu 


SNI 173 - 2017 Kertas Tisu Muka


Jualan Jadi Lebih Nyaman


Berdagang bagi saya selain emang nanti bakal dapat untuk berupa materi atau uang. Namun, dalam interaksi  perdagangan tersebut ada banyak komunikasi, baik langsung atau via chat. Ada pertemuan, menambah daftar teman baru , relasi, waktu luang, kebahagian dll. Oleh karena itu, jika barang yang kita jual jelas, aman dan berstandar khususnya sudah ber SNI. Maka hal ini tentu saja akan menimbulkan kenyamanan antara penjual dan pembeli.


Oh, ya bagi kalian yang mau order Tisu ini. Boleh dong chat saya https://wa.me//6282177993000

Wednesday, May 10, 2023

/ /
Review Sunscreen Somethinc UV Watery

 

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai apa kabar sahabat Keluarga Nawra, cuaca sekarang panas sekali yah. Meski sudah mneghidupkan pendingin ruangan atau menyalakan kipas angin. Udara tetap saja panas membara. Setiap hari suhu bisa di atas 30 derajat bahkan hingga 35. Panas sekali.


Mengapa cuaca hari ini panas?Apa Penyebab Cuaca Panas di Indonesia? Ini Penjelasan BMKG. Dilansir situs BMKG, suhu panas di Indonesia adalah fenomena akibat adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Potensi suhu udara panas seperti itu dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.


Oleh karena itu sebaiknya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, maka sebaiknya menggunakan suncreen terlebih dahulu dahulu dan diulangi kembali setiap 4 jam sekali. Sebenarnya pengunaan suncreen ini bukan hanya ketika akan keluar rumah. Sebaiknya saat di rumah, apalagi saat cuaca panas sebaiknya gunakan suncreen juga.

https://www.keluarganawra.com




Manfaat Sunscreen untuk Wajah


  1. Lindungi Wajah dari Bahaya Sinar UV.
  2. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit.
  3. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit.
  4. Mencegah Terjadinya Sunburn.
  5. Meratakan Warna Kulit.
  6. Mencegah Komedo.
  7. Melindungi Kulit Sehari-hari Meskipun Berada di Dalam Ruangan.
  8. Menjaga Kesehatan Kulit.

Berapa SPF yang baik pada suncreen yang bagus untuk wajah?


Minimal SPF 30. Pastikan memilih sunblock dengan kandungan SPF (sun protection factor) setidaknya pada angka 30. Angka SPF mengacu pada level perlindungan terhadap sinar UVB. SPF 15 dapat memblokir 93 persen UVB, SPF 30 memblokir 97 persen UVB, SPF 50 memblokir 98 persen UBV, dan SPF 100 memblokir 99 persen UVB.

https://www.keluarganawra.com


Review Sunscreen Somethinc UV Watery 


Apa manfaat sunscreen Somethinc?


Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari semua pilihan sunscreen Somethinc ini, manfaat tersebut antara lain adalah: Melindungi kulit dari bahaya efek langsung maupun jangka panjang. Menghindarikan kulit dari berbagai penyakit kulit terutama penyakit berbahaya yaitu kanker kulit. Melembapkan kulit wajah.


Apakah sunscreen Somethinc bisa mencerahkan wajah?


Somethinc Holyshield Sunscreen Comfort Corrector Serum adalah sunscreen dengan kandungan SPF 50+ PA++++ yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, sunscreen Somethinc ini juga dapat menutrisi kulit dan sekaligus berfungsi sebagai color corrector yang bisa meratakan dan mencerahkan warna kulit.

https://www.keluarganawra.com




Somethinc produk dari siapa?


Siapa Pemilik Somethinc, Brand Skincare Lokal yang Sukses.Pemilik Somethinc, Brand Skincare Lokal yang Sukses Mencuri Hati Wanita Indonesia. Pemilik brand skincare Somethinc, Irene Ursula.


Somethinc sunscreen termasuk jenis apa?


Sunscreen ini berjenis chemical sunscreen yang tidak menimbulkan whitecast. Tekstur solid balmnya memberikan hasil akhir kulit yang sehat dan glowing.


Sunscreen Somethinc UV Watery untuk umur berapa?

Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ .UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++ ini digunakan mulai dari umur 11 tahun ke atas.


https://www.keluarganawra.com


Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

5-in-1 Cooling Aqua Protection

Sunscreen Gel dengan SPF 50+ PA++++ & teknologi Encapsulated UV Filter yang memberikan proteksi lebih maksimal dari sinar UVA & UVB. Dilengkapi dengan proteksi terhadap Polusi, Blue-Light, & Infra-Red untuk mencegah tanda penuaan dini. Dengan Snowflake Molecules yang memberikan sensasi dingin & menyerap langsung seperti air, nyaman digunakan sepanjang hari, bebas alkohol, tidak lengket, serta no white-cast! Bikin betah & tidak ada alasan lagi untuk tidak pakai sunscreen!


Kelebihan Holyshield! UV Watery Sunscreen


  • SPF 50+ PA++++ (semakin banyak tanda plus pada PA, semakin tinggi tingkat proteksi kulit dari UVA)
  • Mengandung Snowflake Molecules yang memberikan sensasi dingin
  • No white-cast, Non-patchy, Non-peeling
  • Mudah menyerap & tidak lengket
  • Mengandung Organic Sunflower Sprouts & Tara Spinosa yang melindungi kulit dari bahaya sinar blue-light, infrared, & polusi 
  • Tidak membuat kulit kusam 
  • Healthy-glow finish 
  • No Alcohol 
  • 0% Benzene 
  • Fungal Acne Friendly
  • Hypoallergenic Tested 
  • Vegan Friendly 
  • Dermatologically tested
  • Non Comedogenic certified

Cara Pemakaian Holyshield! UV Watery Sunscreen


Aplikasikan sejumlah 2 jari ke seluruh wajah secara merata di tahapan terakhir skincare, sebelum makeup atau 15 menit sebelum terpapar sinar matahari.Pakai ulang setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

https://www.keluarganawra.com


Komposisi Holyshield! UV Watery Sunscreen


Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octocrylene, Ammonium Polyacryloyldimethyl Taurate, Polymethylmethacrylate, Phenoxyethanol, Propylene Glycol, Flavour, Triethanolamine, Trimethoxybenzylidene Pentanedione, Polyglyceryl-4 Caprate, Lecithin, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Caesalpinia Spinosa Fruit Pod Extract, Helianthus Annuus Sprout Extract, Sodium Benzoate

Ukuran: 5gr | 15gr | 50gr

No BPOM: NA18221700136

Jenis Kulit: Semua Jenis Kulit 





Powered by Blogger.