Menu

Saturday, July 29, 2023

/ /
Tabut Bengkulu

Assalammualaikum. Wr. Wb

Apa kabar sahabat  Keluarga Nawra. Di kota Bengkulu saat bulan Muharram ada festival yang digelar selama sepuluh hari. Nama festival tersebut adalah Festival Tabut atau Tabot.


https://www.keluarganawra.com
Sumber Inibengkulu.com


Sejak lama festival ini digelar dan semakin lama semakin bertambah tahun, pelaksanaannya juga mengalami banyak perubahan.


Lokasi Festival Tabut ini dilaksanakan di halaman  Merdeka. Di depan rumah dinas Gubernur Bengkulu di kawasan yang diberi nama Jalan Kampung.


Bagi yang sudah pernah main  ke kota Bengkulu kawasan jalan Kampung ini dekat atau sekitarnya wilayah Fort Malborough,  Tugu Tomas Parr dan Pantai Tapak Paderi.


Oh, ya perayaan Festival Tabut Bengkulu ini diselenggarakan pada tanggal 1 – 10 Muharram.


Untuk acara puncaknya digelar pada malam ke sepuluh. Jadi pada hari kesembilan hingga malam semua tabut akan dikumpulkan di lapangan merdeka. Kegiatan ini disebut dengan nama yang viral malam tabut bersanding.


Mengenal Festival Tabut Bengkulu


Bengkulu terdapat di mana?


Buat teman-teman blogger pun banyak yang suka salah, Bengkulu itu bukan bagian  Lampung atau Palembang. Akan tetapi sebagai berikut, Bengkulu merupakan Provinsi di Sumatera yang terletak pada koordinat 5°40' – 2° 0' LS 40' – 104° 0' BT dengan luas area sebesar 19.788.70 km2 (7,640,46 ) yang berbatasan dengan : Utara : Sumatera Barat. Selatan : Lampung.


Apa itu Tabut di Bengkulu?


Festival Tabut merupakan tradisi tahunan yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Bengkulu dalam menyambut tahun baru Islam pada 1 Muharram. Festival Tabut untuk mengenang kematian Al-Husain yang syahid di Padang Karbala dan mengenang kejayaan Islam.


Festival Tabut Bengkulu
Malam tabut bersanding, pada malam ke 10. sumber foto coreccto.id


Apa arti dari kata tabut?


tabut [ta·but], Apa yang dimaksud dengan tabut? 1) peti yang dibuat dari anyaman bambu atau burung-burungan burak yang terbuat dari kayu yang dibawa berarak pada peringatan terbunuhnya Hasan-Husen (tanggal 10 Muharam)


Kapan ada Tabot di Bengkulu?


Tabut Bengkulu adalah sebuah upacara keagamaan yang diadaptasi menjadi festival etnis kultural. Upacara in berasal dari tradisi sekte syiah yang berupaya mengenang kematian Husen di Padang Karbala, pada tahun 680


Bulan Tabut telah menjadi tradisi yang ada di Bengkulu dan diselenggarakan secara turun-temurun sejak abad (dari tahun 1685 hingga saat ini).


Festival Tabut Bengkulu


Bagaimana tradisi Tabut?


Tabut adalah upacara tradisi masyarakat Bengkulu untuk mengenang mati syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala, Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M)


Berapa banyak rangkaian acara tradisi Tabot di Bengkulu?


Tradisi Tabot di Bengkulu

Tradisi Tabot di Bengkulu terdiri dari sembilan rangkaian acara, yang berlangsung selama sepuluh hari antara 1–10 Muharam dalam sebuah festival kebudayaan. Adapun rangkaian prosesi upacara tabut ini terdiri dari doa memohon keselamatan/pamit rajo agung, mengambik tanah, duduk penja, menjara, meradai, arak Penja, dan arak sorban. Kemudian juga gam, tabut naik pangkek, arak gedang, soja, tabut tebuang, cuci penja dan doa penutup.


Dibuang kemanakah Tabot di Bengkulu pada perkembangan selanjutnya?


Pada awalnya Tabot di Bengkulu dibuang ke laut sebagaimana di Pariaman Sumatera Barat. Namun, pada perkembangannya, Tabot di Bengkulu dibuang di rawa-rawa yang berada di sekitar pemakaman umum yang dikenali dengan nama makam Karbela yang diyakini sebagai tempat dimakamnya Imam Senggolo atau Syeikh Burhanuddin.


Festival Tabut dan Event Nasional Indonesia


Apakah Tabot termasuk kearifan lokal?


Tradisi Tabot merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Bengkulu yang memiliki akar sosiologis-historis yang panjang.


Apa tujuan dilaksanakannya tradisi Tabot atau terbaik di Bengkulu?


Karena festival Tabot di Bengkulu telah mampu menyatukan atau mengintegrasikan berbagai macam suku dan agama yang ada di Provinsi Bengkulu dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah. “Ini agar Provinsi Bengkulu sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia.


https://www.keluarganawra.com
Sandiaga Uno di Festival Tabut 2022


Menparekraf Sandiaga saat hadir dalam acara Festival Tabut 2022 di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Selasa malam (2/8/2022), menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu atas suksesnya mengantarkan Festival Tabut 2022 masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) 2022.


Festival Tabut Bengkulu masuk KEN


Festival Tabut Bengkulu masuk dalam Karisma Event Nusantara 2023 bersama 109 event nasional lainnya.


Untuk diketahui bahwa Kharisma Event Nusantara atau KEN adalah , merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


Untuk tahun 2023 ini, festival Tabut Bengkulu, beruntung sekali dibuka dan disaksikan oleh bapak Presiden Jokowi.


https://www.keluarganawra.com

https://www.keluarganawra.com



Festival Tabut Bengkulu

Kapan Festival Tabut Bengkulu 2023?


Tahun ini sudah dilaksanakan, pada tanggal 18-28 Juli 2023 dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram) ini, tumpah ruah. Ribuan masyarakat Bengkulu tampak memadati area panggung utama Lapangan Merdeka hingga wilayah sekitarnya.


Sampai jumpa ya di event festival Tabut Bengkulu tahun 2024, ayo berwisata ke Bengkulu. 


Baca juga tulisan blogger Bengkulu Mardha Tulisan ini dibuat dalam program nulis serempak bersama Blogger Bengkulu

Sumber foto : Istimewa

Saturday, July 22, 2023

/ /
 Blogwalking Cara Mudah Meningkatkan Traffic

 

https://www.keluarganawra.com
sumber : Pixabay

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, apa kabar kalian semua, semoga selalu sehat, bahagia dan sejahtera. Bagaimana kabar aktivitasnya, sudah nulis blog apa saja hari ini. Sudah melakukan blogwalkingkah, banyak manfaat loh dengan blogwalking ini. Kali ini keluarga Nawra, mau bahas seputar blogwalking ya.


Sebagian pemilik blog mungkin belum memahami apa itu Blogwalking dan cara menggunakannya. Blogwalking adalah salah satu kegiatan blogger dengan mengunjungi blog orang lain untuk tujuan tertentu. Biasanya kegiatan itu dilakukan untuk mencari ide konten dan perkenalan para blogger lainnya.


Baca juga :Mau jadi penulis apa blogger



Manfaat Melakukan Blogwalking



Blogwalking memiliki manfaat dalam perkembangan situs yang dimiliki. Maka kegiatan tersebut sangat penting dilakukan bagi blogger pemula untuk perjalanan menuju blog besar.



Mendapatkan Networking


Melakukan kegiatan blogwalking bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan networking sesama blogger. Lakukan dengan cara mengunjungi blog orang lain dan tinggalkan komentar positif untuk artikel yang menarik. Tujuannya sebagai apresiasi penulis dari orang yang sudah membaca.


Melakukan komunikasi dengan blogger lainnya bisa menambah informasi, teman baru, dan pengalaman terkait perkembangan blog. Selain itu juga bisa membagi link artikel agar meningkatkan traffic sesama.


Tips blogwalking yang tepat dalam menambah networking adalah menjaga komunikasi melalui komentar pada blog dengan pengaruh yang positif. Selain itu usahakan mencari blog dengan Niche yang sama.


Baca juga : Mengenal Google Search Console



Melakukan Promosi


Perlukah blogger melakukan blogwalking? Jawabannya IYA. Sebab melakukan kegiatan untuk mengunjungi blog orang lain bisa sebagai alat promosi dari networking yang dimiliki. Selain itu promosi dilakukan dengan meninggalkan link blog yang dimiliki di kolom komentar. Tetapi perlu diingat untuk melakukan promosi dengan cara yang baik dan tidak spam.


Dalam meninggalkan komentar link blog gunakan gravatar atau foto profil sebagai identitas. Gunakan foto terbaik untuk mempermudah blogger lain untuk mengenalinya.


Mendapatkan Inspirasi


Seperti tujuannya, Blogwalking adalah kegiatan untuk mendapatkan traffic maupun inspirasi terkait ide baru untuk konten. Maka, perlu memahami Niche blog yang sesuai untuk mendapatkan sisi lain dari suatu konten yang menarik untuk dikupas.


Perkembangan Blog


Setiap mengunjungi blog orang lain, pasti memiliki perbedaan dan bisa dijadikan evaluasi. Semakin sering melakukan, bisa mendapatkan referensi terkait kekurangan blog yang bisa di analisis. Sehingga perkembangan blog akan semakin meningkat.


Melakukan Blogwalking bisa menjadi sarana untuk mengembangkan blog dengan memperluas networking secara gratis dan mudah. Tetapi harus memahami bagaimana melakukannya dengan baik dan meninggalkan jejak yang mengesankan.


Referensi:

https://accurate.id/digital-marketing/blogwalking-adalah/

https://toffeedev.com/blog/blogwalking-adalah/

https://www.wiblogger.com/2018/01/apa-itu-blogwalking.html


Sunday, July 16, 2023

/ /
Promo HokBen Pangkal Pinang

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat ya bersama dengan keluarga. Semoga juga bisa terus melakukan banyak kegiatan bersama-sama dengan keluarga. Salah satunya adalah makan bersama keluarga. Kebetulan nih, di Pangkal Pinang sedang buka gerai Hokben loh. Bisa banget dimanfaatkan.


Buat sahabat di Pangkal Pinang, mumpung HokBen baru buka, tentu saja akan ada banyak promo dan diskon. Jadi harus bisa dimanfaatkan dong bersama dengan keluarga, teman dan sahabat. Selain potongan harga, juga banyak hadiah serta voucher loh. Jadi tidak boleh ketinggalan.


HokBen Pangkal Pinang


PROMO HokBen Pangkal Pinang


Berikut Keluarga Nawra, bagikan info untuk diskon dan promo di HokBen Pangkal Pinang

• Tanggal 16 Juli & 19 Juli 2023, hadiah Payung HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan Dine In dan Take Away dengan minimal transaksi Rp. 150.000,-

• Tanggal 17 & 20 Juli 2023, hadiah Bantal HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan Dine In dan Take Away dengan minimal transaksi Rp. 100.000,-

• Tanggal 18 & 21 Juli 2023, hadiah Tumbler HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan Dine In dan Take Away dengan minimal transaksi Rp. 100.000,-

 • Tanggal 28 Juli 2023, hadiah Voucher Makan yang berlaku 1 tahun untuk 100 pembeli Dine in minimal transaksi Rp 200.000,-

• Tanggal 24 Juli – 11 Agustus 2023, Lucky Dip Hadiah Menarik dengan minimal transaksi Rp. 100.000,- khusus layanan Dine In dan berlaku setiap hari kerja.

• Tanggal 16 Juli – 4 agustus 2023, Special Price Rp 33.000,- setiap pembelian HokBen Fried Chicken 1 pcs + Nasi + Teh Botol Sosro/Aqua dari harga normal Rp. 43.000,-


HokBen Pangkal Pinang


Baru dibuka Gerai HokBen ke 369 di Pangkal Pinang


Kita ketahui bersama, bahwa HokBen sudah memiliki cabang dibanyak kota yang ada di Indonesia. Kali ini, tepatnya tanggal 15 Juli 2023. HokBen menyapa warga Pangkal Pinang. Gerai HokBen yang berada di bangunan ruko Jalan Soekarno-Hatta, Pangkal Pinang ini merupakan gerai ke 369 dari 80 kota yang tersebar di Indonesia. Pembukaan HokBen di Pangkal Pinang dilakukan PT Eka Bogainti (HokBen) agar semakin dekat dengan pelanggan setia HokBen yang berada di provinsi Bangka Belitung, khususnya masyarakat Pangkal Pinang.


Turut hadir pada acara peresmian HokBen Pangkal Pinang oleh Istri Wali Kota Pangkalpinang Monica Haprinda, Wakil Wali Kota Pangkalpinang M Sopian dan Sekretaris Satgas Halal Bangka Belitung, Iwan Setiawan.


HokBen Pangkal Pinang


Kapasitas Gerai dan Menu HokBenPangkal Pinang


Gerai HokBen Pangkal Pinang memiliki kapasitas sebanyak 118 kursi dengan ruangan yang bisa digunakan untuk party room atau acara ulang tahun. Tersedia juga layanan dine in, take away, delivery. 


Menu-menu khas HokBen seperti : Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, Ebi Furai, Kani Roll, Beef / Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Spesial, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki. Serta menu favorit HokBen lainnya.


Selain itu ada menu lainnya seperti Ramen, HokBen Fried Chicken dan Tempura. Selain itu banyak juga pilihan salad, snack dan dessert di HokBen yang cocok untuk dinikmati sambil bersantai. 


HokBen Halal dan sudah bersertifikat


Restoran HokBen memiliki Sertifikat Halal no. 00160048830908 dari MUI dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021. Restoran HokBen tersebar di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawang, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Klaten, Purwokerto, Pekalongan, Salatiga, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Gresik, Jember, Malang, Denpasar, Lombok, Bandar Lampung, Palembang, Prabumulih, Medan, Binjai, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Padang, Bukittinggi, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Makasar, Palangkaraya, Batam.


HokBen Ramah Lingkungan Dan Ramah Layanan


HokBen Ramah Lingkungan Kepedulian terhadap masalah lingkungan ini diwujudkan oleh HokBen dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan mengelola sampah daur ulang menjadi produk bernilai bagi masyarakat.


HokBen melakukan kolaborasi bersama pihak-pihak tertentu dalam mengolah sampah. Diantaranya HokBen bekerja sama dengan Rebricks mengolah sampah plastik mika bekas HokBen menjadi bahan bangunan roster yang kemudian digunakan kembali untuk beberapa gerai hokben di Indonesia.


Saat ini sudah ada 30 gerai HokBen yang menggunakan eco-roster dan HokBen sudah mengolah 20.380 plastik mika atau sekitar 300 kilogram sampah plastik mika. HokBen juga berkolaborasi dengan Boolet untuk mengolah sampah sumpit sekali pakai yang menjadi barang rumah tangga yang ramah lingkungan dan berkualitas.


HokBen Pangkal Pinang


Sejak 18 April 1985 Januari hingga Maret 2023, HokBen berhasil mengumpulkan lebih dari 2.000 kilogram sumpit bekas sekali pakai dari gerai HokBen di area Jabodetabek. 


Jadi, buat warga Pangkal Pinang yuk segera ajak keluarga untuk menyantap makanan khas Jepang di HokBen Pangkal Pinang. Dapatkan hadiah souvenirnya, promo dan juga diskon-diskonnya yang sangat menarik.


Layanan HokBen terdiri dari makan di tempat (Dine-in), pesanan dibawa pulang (Take Away), HokBen Delivery melalui 1 500 505 atau melalui pesan online di www.hokben.co.id, dan HokBenApps yang tersedia di Google Playstore & Apple Store, pesanan melalui kendaraan lewat (Drive Thru), acara ulang tahun (Birthday Party), serta pesanan dalam jumlah besar (Large Order).


Tahun 2020, HokBen memperkenalkan konsep HokBen Kitchen, yakni oulet yang hanya melayani pesanan dibawa pulang (take away) dan delivery.


Oke ya warga Pangkal Pinang segera manfaatkan diskon dan promonya. Ajaklah teman, sahabat dan keluarga ke HokBen, nikmati menu khas Jepang. Semoga beruntung juga dapat hadiahnya ya. 


Sumber foto istimewa

Powered by Blogger.