Menu

Saturday, July 22, 2023

/

 

https://www.keluarganawra.com
sumber : Pixabay

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, apa kabar kalian semua, semoga selalu sehat, bahagia dan sejahtera. Bagaimana kabar aktivitasnya, sudah nulis blog apa saja hari ini. Sudah melakukan blogwalkingkah, banyak manfaat loh dengan blogwalking ini. Kali ini keluarga Nawra, mau bahas seputar blogwalking ya.


Sebagian pemilik blog mungkin belum memahami apa itu Blogwalking dan cara menggunakannya. Blogwalking adalah salah satu kegiatan blogger dengan mengunjungi blog orang lain untuk tujuan tertentu. Biasanya kegiatan itu dilakukan untuk mencari ide konten dan perkenalan para blogger lainnya.


Baca juga :Mau jadi penulis apa blogger



Manfaat Melakukan Blogwalking



Blogwalking memiliki manfaat dalam perkembangan situs yang dimiliki. Maka kegiatan tersebut sangat penting dilakukan bagi blogger pemula untuk perjalanan menuju blog besar.



Mendapatkan Networking


Melakukan kegiatan blogwalking bisa menjadi cara ampuh untuk mendapatkan networking sesama blogger. Lakukan dengan cara mengunjungi blog orang lain dan tinggalkan komentar positif untuk artikel yang menarik. Tujuannya sebagai apresiasi penulis dari orang yang sudah membaca.


Melakukan komunikasi dengan blogger lainnya bisa menambah informasi, teman baru, dan pengalaman terkait perkembangan blog. Selain itu juga bisa membagi link artikel agar meningkatkan traffic sesama.


Tips blogwalking yang tepat dalam menambah networking adalah menjaga komunikasi melalui komentar pada blog dengan pengaruh yang positif. Selain itu usahakan mencari blog dengan Niche yang sama.


Baca juga : Mengenal Google Search Console



Melakukan Promosi


Perlukah blogger melakukan blogwalking? Jawabannya IYA. Sebab melakukan kegiatan untuk mengunjungi blog orang lain bisa sebagai alat promosi dari networking yang dimiliki. Selain itu promosi dilakukan dengan meninggalkan link blog yang dimiliki di kolom komentar. Tetapi perlu diingat untuk melakukan promosi dengan cara yang baik dan tidak spam.


Dalam meninggalkan komentar link blog gunakan gravatar atau foto profil sebagai identitas. Gunakan foto terbaik untuk mempermudah blogger lain untuk mengenalinya.


Mendapatkan Inspirasi


Seperti tujuannya, Blogwalking adalah kegiatan untuk mendapatkan traffic maupun inspirasi terkait ide baru untuk konten. Maka, perlu memahami Niche blog yang sesuai untuk mendapatkan sisi lain dari suatu konten yang menarik untuk dikupas.


Perkembangan Blog


Setiap mengunjungi blog orang lain, pasti memiliki perbedaan dan bisa dijadikan evaluasi. Semakin sering melakukan, bisa mendapatkan referensi terkait kekurangan blog yang bisa di analisis. Sehingga perkembangan blog akan semakin meningkat.


Melakukan Blogwalking bisa menjadi sarana untuk mengembangkan blog dengan memperluas networking secara gratis dan mudah. Tetapi harus memahami bagaimana melakukannya dengan baik dan meninggalkan jejak yang mengesankan.


Referensi:

https://accurate.id/digital-marketing/blogwalking-adalah/

https://toffeedev.com/blog/blogwalking-adalah/

https://www.wiblogger.com/2018/01/apa-itu-blogwalking.html


20 comments

Wah, mantap ya ternyata manfaat blog walking ini. Terutama yang samaan niche blog-nya. Tapi ga sama pun ga apa2. Malah menambah wawasan pengetahuan umum kita deh. Yang penting konsisten BW dan benar2 membaca artikelnya sehingga ga sekadar menuliskan komentar, melainkan mengambil faedah tulisannya. TFS :)

Reply

halo... mampir blogwalking di sini dari blog masak :) senang bisa BW karena menambah wawasan dan jadi ajang silaturahim sesama blogger

Reply

Selain meningkatkan traffic , aku blogwalking buat cari inspirasi. Kadang baca tulisan teman jadi ada ide ohya ya punya pengalaman serupa , jadi ditulis juga akhirnya

Reply

iya nih ikutan bw memang memiliki banyak manfaat, kadang aku suka dapat ide tulisan dari bw ini lho, jadi kenal dengan teman-teman blogger yang jarang berjumpa karena tinggal berjauhan, pokoknya bw punya segudang manfaat buat blogger, jadi harus menyempatkan diri buat ikutan bw.

Reply

Jangan malas blogwalking karena bikin da naik dan berlian bisa ke beli.aamiin

Reply

yapp, harus diakui banyyak bangey manfaat blog walking

jadi kenal para bloger baik di dalam maupun luar negri

bisa nambah wawasan jugaaa

Reply

Bener banget mak, blog walking seru dan kita jadi bisa dapet banyak inspirasi dan pengetahuan serta pemikiran baru dari sesama blogger ya.

Reply

Blogwalking itu banyak manfaatnya ya... Seneng bisa dapet banyak wawasan dan pengetahuan baru...

Reply

Saya kalau buntu mau nulis apa, biasanya juga blogwalking mbak. Baca-baca tulisan teman-teman bloger, terus dapat ide deh buat nulis

Reply

setuju. blogwalking bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan traffic kita sekalian bisa buat silaturahmi dan nambah wawasan juga dari tulisan yang kita baca

Reply

Kadang aku kangen BW zaman dulu di mana BW tu suka2 dan seikhlasnya haha. Makanya bloger dulu tu sering dapat teman networking dari sering mengunjungi blog2 sesama rekan blogger. Kalau sekarang rasa2nya BW tu buat nambah PV buat report kerjaan wkwk.
Tapi sesekali aku masih suka sih mengunjungi blog2 yang menulis organik, karena emang butuh informasinya :D

Reply

betul banget, kadang aku tuh blogwalking karena tulisan aku pengen ada yg berkunjung dan pengen update juga kehidupan blogger-blogger dari tulisan mereka

Reply

aku paling seneng ya Mam kalau blogwalking jadi nemu ide dan kenal bloggernya jadi lebih dekat

Reply

Setuju banget kak kalau aku lebih banyak belajar ke storytelling sih . Dan ternyata setiap blogger punya gaya masing2 dalam menulis blog ada yg singkat bahan ada yg super lengkap

Reply

betuuul ... selain traffic, aku suka mendapat inspirasi dari BW membaca cerita perjalanan teman blogger, membaca resep masakan, tips parenting, dan sebagainya. Jadi lebih kenal juga sama pemilik blog tersebut.

Reply

Bener banget blogwalking itu penting ya mak. Tapi emang perlu waktu khusus nih supaya bisa rajin bw. Udah nulis, trus bw lagi xixi.

Reply

Blogwalking salah sau caraku biar trafik blog naik. Selain itu, buat ajang silaturahmi dan dapat informasi terbaru.

Reply

Wah iya, benar sekali
Blog walking menjadi salah satu cara meningkatkan traffic blog ya mbak

Reply

iya, saya sendiri ngeblog dan blogwalking juga akhirnya banyak temen dari sana, kenal biasa lama-lama jadi sahabatan karena emang blog itu kayak rumah pribadi kan, nyambung silaturahmi hehe

Reply

Setuju banget, Mak! Blogwalking itu nggak hanya bermanfaat buat melakukan promosi atau mencari inspirasi, tapi juga networking, dan yang paling terasa sebagai blogger adalah merasa diapresiasi tulisan kita dibaca dan syukur-syukur bisa bermanfaat buat pembaca ~

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.