Menu

Sunday, March 18, 2018

/
Assalamualaikum,  Wr. Wb

Keluarganawra.com_ Warung Kelontong  Belajar  Manajemen  Ritel Dengan Alfamart.  Di sekitar rumah kita pasti banyak warung Kelontong  ya.  Bahkan ada yang letaknya berdekatan,  dalam satu gang saja ada beberapa toko Kelontong.  Ditambah lagi dengan adanya toko ritel modern.  Menambah banyak lagi warung toko sembako. Tinggal  kita yang memilih mau belanja dimana.  Namun belakangan ini muncul anggapan  bahwa dengan banyak hadirnya toko ritel modern membuat mati usaha toko Kelontong.  Banyak toko Kelontong  yang  mulai ditinggalkan  orang.  Konsumen lebih memilih belanja  ke toko ritel modern. Dengan alasan lebih rapi,  nyaman dan aman saja.  Padahal kalo soal lengkap atau harga.  Bisa saja di toko Kelontong  akan lebih murah.  


Saya pernah mengalami  belanja di warung Kelontong  lebih murah di bandingkan toko ritel.  Meski tidak semua barang ya.  Hanya barang tertentu  saja. 


Balik lagi ke masalah,  kehadiran  toko ritel modern yang membunuh usaha warung biasa.  Apa benar begitu.  

Bagaimana dengan Alfamart.  

Menurut informasi  yang saya dapatkan ketika mengikuti pelatihan manajemen  ritel beberapa waktu lalu yang diadakan salah gerai Alfamart  Bengkulu  yang berada di kawasan Bumi Ayu. 

Hal itu tidaklah benar, malah kehadiran Alfamart diharapkan juga dapat bersinergi dengan warung tradisional .

Buktinya apa? Mari kita cek ya.

Hari itu saya bersama dengan para pemilik toko Kelontong  yang berada di sekitar daerah Bumi Ayu mendapatkan  banyak pelatihan mengenai bagaimana mengatur atau mengurus toko Kelontong  dengan baik.  

Kegiatan ini memang khusus dilakukan oleh Alfamart. Untuk kegiatan ini, karena Bengkulu masih baru. Maka semua Tim di bawah komando bapak Rendra memang datang dari Palembang demi untuk mensukseskan kegiatan ini. 
Pak Rendra sedang memberikan snack kepada Peserta

Kegiatan diawali dengan pengisian daftar hadir atau absensi.  Lalu kami diberikan fotokopi materi yang akan disampaikan  dan dipelajari  hari ini

Tak menunggu  lama,  akhirnya materi pelatihan  hari ini segera dimulai.  Dua orang pemateri yang memang sudah handal dibidangnya siap berbagi ilmu dengan kami semua. Materi yang disampaikan ini sebenarnya adalah rahasia manajemen ritel Alfamart.


1. Bagaimana menyusun produk

2. Cara menawarkan barang dagangan

3 Membuat catatan sederhana dengan barang dan masuk . Termasuk soal keuangan.

Penyampaian materi  berjalan lancar dan sukses.  Lalu dilanjutkan  dengan tanya jawab.  Maklum  peserta yang hadir ini datang dengan latar belakang  pendidikan yang berbeda.  Jadi memang butuh  penjelasan  yang lebih detil agar lebih paham. 
Dua Pemateri dari Kota Palembang

Selanjutnya  juga diadakan sesi tanya jawab dari pemateri kepada peserta seputar materi yang disampaikan.  Yang bisa menjawab diberikan hadiah.  Nah,  bagian ini peserta  tambah semangat lagi.  

Pelatihan manajemen  ritel  ini dirasakan besar manfaatnya  bagi para peserta.


Waktu saya posting kegiatan ini di media sosial saya.  Ada yang bertanya.  Apa syarat  untuk  ikut acara ini.  Ketika saya bertanya  kepada panitia  ternyata memang semua peserta  adalah pedagang Kelontong yang  berada  di sekitar  gudang Alfamart di Bumi Ayu ini. Para pedagang memang di data oleh tim Alfa dan diundang untuk ikut kegiatan ini.  Mereka yang di data oleh tim Alfa ini menjadi bagian dari member outline  Alfamart atau MOA. 

Kegiatan  pelatihan  manajemen  ritel  ini merasa  salah satu manfaat  menjadi member Alfamart.  Selain itu banyak lagi manfaat  yang lain ya.

Member  Alfamart  ini juga mendapat fasilitas  untuk bisa membeli barang - barang yang di jual di Alfamart  dengan harga diskon sehingga  bisa dijual kembali.  Caranya juga mudah.  Pedagang Kelontong  tinggal menelepon dan menyebut barang apa saja yang ingin di beli.  Nanti diantar  oleh tim Alfamart

Menjelang makan siang acara selesai. Semua peserta juga diberikan bingkisan dan makan siang. 

Setelah acara berfoto bersama, kami pun dipersilakan untuk pulang.



Eh, sebelum pulang. Kami diberitahu oleh tim. Bahwa nanti akan diadakan kunjungan ke warung para peserta. Tim Alfa akan membantu merapikan barang dagangan di warung. 

Bagaimana menata barang dagangan dengan baik dan menarik

Wah, ini menarik sekali. Para pedagang langsung bergegas untuk pulang. Ingin menyambut tim Alfa yang akan berkunjung ke warung mereka.

Kita tungguin yaaa, info selanjutnya. Kunjungan tim Alfa ke toko kelontong di sekitar gerai Alfamart Bumi Ayu ini.

Salam, sampai jumpa!

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.