Menu

Wednesday, March 28, 2018

/
Assalammualikum Wr.Wb

Keluarganawra_ Warna dan Kandungan Zat Gizi yang Terkandung di dalam Buah dan Sayur.Buah-buahan dan sayuran mengandung pigmen  atau warna yang berbeda-beda. Hal ini juga menunjukan kandungan gizi di dalamnya. 

Kamu suka makan buah atau sayuran warna apa?


Kita cek ya, kandungan gizi yang terdapat di dalam buah dan sayuran berdasarkan warna. 
 
1)Hijau,
 
Warna hijau banyak ditemukan pada sayuran. Warna hijau itu terbentuk karena adanya klorofil yang bermanfaat untuk anti kanker. Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan vitamin dan  mineralnya . 

Kandungan vitamin C6 dalam sayuran berwarna hijau lebih banyak jika dibandingkan dengan buah atau sayuran warna lain. Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah, bayam, kangkung, daun katuk, brokoli. 
 
2)Merah, 

Warna merah didominasi pada buah-buahan. Warna merah Pada buah dan sayuran menunjukkan adanya senyawa likopen dan antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan. 
 
3)Oranye, 
 
Warna oranye pada buah dan sayuran menunjukan adanya   senyawa beta dan alfa karoten yang bermanfaat sebagai zat anti kanker. 
 
4)Biru atau Ungu, 
 
Warna biru atau ungu pada buah dan sayuran menunjukan adanya senyawa antosianin yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang baik untuk mencegah kesehatan jantung dan penuaan dini. Warna biru banyak didapatkan pada buah blueberry, warna ungu banyak terdapat di terung, anggur dan bruberry.  

Bluberry segar lebih banyak mengandung antosianin dan kandungan tidak akan berkurang banyak meski sudah dibekukan.  Terung juga banyak mengandung antosianin meski sudah mengalami pemanasan baik dipanggang maupun dibakar .

5)Warna Jingga, 
 
Ubi jalar, labu kuning, wortel, buah melon jingga, pepaya, mangga dan jeruk. Mengandung betakeroten yang berfungsi menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel yubuh. Di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang memacu sistem kekebalan sehingga tidak mudah terkena bibit penyakit
 
6)Warna kuning, 
 
pisang, nanas dan belimbing. Ampuh mencegah katarak, stroke dan serangan jantung   



Kalo saya sih, tip yang suka main dan makan warna alias suka makan buah dan sayuran dengan aneka warna. Biar dapat beragam gizi. 

Kalo kamu, juga ya sebaiknya mau makan banyak warna, eh makan buah dan sayur aneka warna.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, salam!
1 komentar:

aku suka yang hijauuuu, sehatttt

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.