Menu

Saturday, March 24, 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_Usaha-usaha  Pemberian  ASI Ekskluif Secara Baik Kepada Anak. Bayi yang baru lahir harus diusahakan untuk diberikan ASI . Ketika baru dilahirkan sebaiknya bayi diletakan di atas dada si ibu. Dengan sendirinya bayi akan mencari puting susu ibu. Pada saat itu juga bayi akan segera menyedot ASI meskipun ASI belum keluar. Isapan bayi inilah yang akan merangsang prosukdi ASI semakin sering ASI diisap maka produksi ASI akan semakin meningkat. 

Kolostrum atau ASI yang  pertama kali keluar bewarna kuning atau agak bening. 

Tak perlu kuatir jika pada awalnya ASI yang keluar tidak seperti bentuk susu pada umunya. Volume cairan ini pada hari pertama dan kedua sekitar 30 cc per 24 jam. Volume ini mendekati ukuran lambung bayi pada usia yang sama. Cairan kolostrum tersebut sangatlah istimewa.



Keisitimewaan kolostrum adalah, 

Pertama mengandung zat antibodi 10 – 17 kali lebih banyak jikadibandingkan dengan ASI biasa. Penelitian membuktikan bayi yang tidak diberikan kolostrum akan mengalami kemungkinan diare sebanyak 17 kali. Jika diberikan susu formula.Kematian yang disebabkan karena terkena penyakit meningitis, gangguan pernapasan, serangan alergi dan penyakit lainnya akan lebih mudah menyerang bayi yang mi um susu formula daripada yang minum ASI. 

Kedua kolostrum mengandung banyak protein yang mudah dicerna tubuh.  Jadi kolostrum jangan dibuang. Bayi yang mendapatkan kolostrum tersebut akan memiliki antibodi yang bagus terhadap berbagai serangan kuman penyakit.

Adapun keunggulan ASI dibandingkan dengan jenis makanan lainnya adalah

1.    Mengandung banyak zat terbaik untuk melindungi daya tahan
2.    ASI mengandung banyak zat makanan yang diperlukan oleh tubuh bayi untuk tumbuh dan berkemabang
3.    Membentuk dan mempererat jalinan kasih sayang antara ibu dan anak
4.    Dapat membantu mengembalikan berat badan idel ibu
5.    ASI murah, mudah memberikan dan sehat



Manfaat pemberian ASI Eksklusif selama enam bulan di antaranya adalah:

1.    Dapat mencegah terjadinya pendarahan pasca melahirkan yang sangat berbahaya bagi ibu

2.    Pada proses menyusui dapat mendorong produksi hormon yang dapat merangsang pengecilan atau menciutnya rahim

3.    Dapat mencegah kanker payudara dan memperkecil kemungkinan terkena kanker ovarium

4.    Pemberian ASi Eksklusif dapat membantu program keluarga berencana ataus sering juga disebut dengan KB alami.

Beberapa hal yang sangat mempengaruhi produksi ASI di antaranya, 

1.    Aspek Psikologi, menyusui adalah naluri seorang ibu kepada bayinya. Keberhasilannya dipengaruhi oleh niat yang kuat dan rasa kasih saying yang besar. 

2.    Inisiasi ASI, inisiasi ASI atau awal pemberian ASI adalah kapan bayi pertama kali disusui. ASI diproduksi bila ada permintaan. Makin cepat ASI diberikan maka makin cepat pula ASI keluar. Oleh karena itu dianjurkan segera menyusui bayi secepatnya dalam 30 menit pertama setelah kelahiran. 

3.    Status gizi dan tinggi ibu, indek masa tubuh atau IMT ibu hamil sangat mempengaruhi prosuksi ASI. Makin tinggi IMT makan makin tinggi pula kandungan lemak dan energi. Selain itu makin gemuk ibu akan menghasilkan ASI lebih banyak terutama pada usia 0-2 bulan.

4.      Kontrasepsi, dari beberapa kontrasepsi yang menggunakan hormon, ada yang dapat menurunkan produksi ASI.

5.      Rawat gabung, yang dimaksud dengan rawat gabung adalah cara merawat bayi baru lahir dengan menempatkan ibu dan bayi dalam satu kamar, bayi diletakan di dekat ibu sehingga mudah diraih. Cara ini memungkinkan ibu dan bayi dapat bersama-sama pada 24 jam pertama setelah melahirkan. 

6.     Posisi menyusui, keberhasilan menyusui juga dipengaruhi oleh benar tidaknya posisi saat menyusui. Untuk menyusui seharusnya posisi ibu harus rileks baik ketika duduk atau berbaring. 

7.    Makanan dan minuman, ada banyak bahan makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI misalnya daun katuk, daun pepaya dan lain sebagainya.  Bahan makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah makanan yang mengandung banyak zat karbohidarat, mengandung banyak protein, mengandung banyak lemak, mengandung sumber gizi vitamin dan mineral. 



Demikian pentingnya pemberian ASI bagi anak, oleh karena itu seorang ibu harus berusaha sekuat tenaga untuk selalu sabar dan ikhlas memberikan ASI kepada anaknya.

Semoga informasi ini bermanfaaf yaa, salam!

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.