Menu

Wednesday, March 14, 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_Minuman Berbahan Buah Pepaya. Buah Pepaya adalah buah rakya, selain harganya yang murah dan terjangkau. Buah pepaya juga mudah ditemukan di mana, mana. Jadi mudah untuk membelinya. Bahkan tumbuhan pepaya sangat mudah dibudidayakan , di perkarangan rumah saja kadang pepaya sering tumbuh. 

Meski saat ini, sudah banyak sekali  kita temui varietas anaman pepaya, dengan warna, bentuk dan rasa yang sangat beragam.


Kandungan Gizi Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan sumber vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A pada pepaya lebih besar dibandingkan pada wortel. Pepaya juga kaya vitamin B kompleks dan vitamin E.  Buah pepaya juga banyak mengandung asam folat yang sangat berguna untuk menjaga kalium bagi ibu hamil dan menyusui agar tidak mudah lelah.

Buah pepaya merupakan sumber vitamin C dan antioksidan bagi tubuh. Zat antioksidan sangat berperan untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf, otak, dan sel tubuh. Pepaya juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh, menghentikan batuk, mengatasi sembelit, mengurangi panas dalam, menyembuhkan infeksi, dan sangat baik untuk kesehatan mata. Buah pepaya mengandung enzim papain. 


Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pencernaan protein. Kemampuan enzim papain memecah molekul protein membawa berkah untuk manusia. Dengan adanya enzim papain dapat membantu untuk mencerna protein. 



Kandungan enzim papain pada pepaya mampu mencerna protein . Oleh karena daya pecah proteinnya yang kuat, papain juga digunakan untuk menghidrolisis molekul protein. Papain diperlukan dalam pembuatan pepton juga sejumlah asam amino. Kedua unsur ini sangat diperlukan khususnya dalam penelitian mikrobiologi dan juga dalam beberapa jenis industri

Buah yang masih mengkal atau setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari buah yang matang. Namun bagi wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah mengkal atau setengah matang karena mempunyai efek menggugurkan kandungan. 


 
Resep Minuman Segar Berbahan Pepaya

    Bahan

•    100 gram buah pepaya matang
•    100 ml air jeruk
•    150 ml air hangat

Cara Membuat

•    Kupas pepaya, buang biji dan serat warna kuning di dekat biji
•    Potong-potong pepaya dan masukan ke dalam blender
•    Haluskan hingga lembut dan tercampur merata dengan blender atau juicer
•    Tambahkan air dan air jeruk
•    Tuangkan dalam gelas saji dan dinginkan ke dalam kulkas
•    Sajikan selagi dingin


 

Selamat mencoba, semoga selalu sehat ya. Salam

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.