Menu

Saturday, March 10, 2018

Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_ Membawa bayi jalan-jalan di kota Bandung. Saya termasuk orang yang tidak ribet saat membawa bayi jalan-jalan. Banyak orang yang bertanya gimana rahasia membawa bayi jalan-jalan, tapi tetap bisa menikmati suasana jalan-jalan. Siapa bilang membawa bayi jalan-jalan gak ribet, secara kasat  mata, pasti repot. Belum lagi bawaannya pasti banyak. Wajib membawa susu dan diapers. Tas juga penuh dengan baby stuff. Namun, saya punya trik dan tips sendiri saat jalan-jalan bersama anak di luar kota. Supaya ga terjebak jadi Ibu Ribet.

Nasya udah pintar selfie, hihihi

Kali ini saya akan bercerita tentang keseruan saya bersama anak ketiga saya Annasya.Saat kami jalan-jala hanya berdua saja menuju kota Bandung. Ya, kali ini hanya saya dan Nasya yang akan melakukan perjalanan ke kota Bandung. Dari kota Bengkulu menuju kota Bandung dengan menggunakan pesawat. Rutenya dari Bengkulu ke Jakarta menggunakan pesawat. Sampai di Soekarno Hatta kami lanjut lagi dengan menggunakan bus menuju kota Bandung.

Gedung di depan Wisma tempat kami nginap

Ikutin ya, cerita kami

Baca juga pengalaman saya Terbang dengan Pesawat Kecil Dengan Bayi dari Bandung menuju Jakarta.

Persiapan Awal

1.    Cari dan cek jadwal penerbangan di pagi atau siang hari. Hindari bepergian dengan bayi saat malam hari atau memulai perjalanan di sore atau d malam hari. Apalagi tanpa ditemani dengan anggota keluarga yang lainnya.

2.    Siapkan satu tas  koper bag ukuran kecil atau sedang dan satu lagi tas ya ransel atau tas jinjing. Yang bisa dibawa kemana-mana. Koper bag, masukan saja di bagasi.

3.    Sebelum bepergian, buatlah anak enjoy, berikan makan dan minuman yang sehat, mandi pagi dan sore dengan menggunakan baby stuff yang baik, seperti minyak telon. Untuk menghindari masuk angin. Cukup istirahat, Annasya biasanya tidur dua kali. Ciptakan waktu tidur yang berkualitas.

Nasya nyaman main dengan diapers aman

4.    Persiapkan dan pastikan sebelum berangkat kondisi ibu dan bayi dalam kondisi Fit.

Sesuai dengan apa yang saya persiapan di atas, kami berangkat dari kota Bengkulu pagi , dengan menggunakan pesawat sekitar jam 09.55. Sampai di kota Bandung Sore hari. Kali ini kami akan menginap di salah satu wisma di jalan RE Martadinata. Kami langsung menuju lokasi.

Oh, ya begitu sampai di bandara, saya langsung mencari trolly. Untuk menganggut bagasi. Nah, si Nasya saya letakkan juga di atas trolly, hihihi. Anaknya juga enjoy saja. Malah kegirangan, soalnya berasa naik apa ya. Naik odong-odong, hihihi.

Sampai di wisma, Nasya hanya mandi lap saja. Lalu saya kasih minyak telon dan bedak, Biar dia tetap nyaman dan wangi. Ga begitu lama, biasa rutinitas dia tidur. Sebelumnya sempat keluar wisma. Nyari makanan. Ga jauh sih, cuma di seberang saja.

Kebetulan ada juga yag menjual minuman Wedang Ronde, duh. Saya langsung terpikat beli dan minum. Lumayan bikin hangat badan.

Rute jalannya, bikin pengunjung aman dan nyaman, ga kuatir nyasar

Perlengkapan wajib dibawa saat bepergian dengan anak

Secara umum, hampir sama sih perlengkapan dan peralatan yang dibawa saat bepergian dengan bayi yang biasa para ibu bawa. Namun kali ini, saya lebih mengkhususkan untuk bayi dengan usia di atas satu tahun atau usia 1-3 tahun.

1.    Membawa baju , baju yang selalu saya bawa adalah baju, celana, kaos dalam. Saat melipatnya. Saya sudah menjadikannya satu. Dimana sudah ada nbaju, celana, kaos dalam baru saya lipat secara bersamaan dan dilettakan di dalam tas. Untuk baju ganti di jalan, biasanya selain dilipat, saya sering mengikatnya dengan karet. Jika karet gelang tidak ada, maka akan saya masukan ke dalam kantong kresek bersih.

Jumlah baju yang dibawa adalah jumlah hari kali dua kali dua lagi. Secara mudah begini menghitungnya. Satu hari siapakan dua stel baju lalu dikalikan dengan jumlah hari , kemudian kalikan lagi dengan dua. Contoh, ke Bandung ini saya hanya 3 hari. Maka saya menyiapkan 3x2 baju x 2. Totalnya 12 stel baju. Ga usah dibahas ya kenapa baju harus bawa banyak. Para ibu pasti tahu alasannya.
Bandung sejuk, Nasya senang sekali

Tips buat ibunya, banyakin bawa jilbab saja buat gonta ganti foto. Kalo baju ga usah terlalu banyak. Kecuali membawa baju dengan bahan jersey. Memang butuh banyak dan harus ganti juga, sebab bahan baju ini, mudah membuat baju bau dan ga nyaman dipake.

2.    Membawa baby stuff, ini merupakan perlengkapan dan peralatan kecantikan dan kesehatan bayi. Seperti, telon, baby cologne, bedak, aneka cream. Jika harus membawa semua barang ini, maka pilihlah dengan ukuran atau kemasan kecil saja.

3.    Membawa Diapers, bepergian dengan bayi wajib banget membawa diapers. Mereknya sih bebas saja, asal nyaman buat anak-anak. Pilihlah ukuran yang pas. Bagi yang sering menggunakan diapers cuci ulang. Salah satu merek diapers yang bisa dicoba di dalam perjalanan dan sehari-hari adalah happy diapers. Dalam perjalanan sebaiknya tidak dipergunakan dulu, jika perjalanan jauh. Apalagi menggunakan transportasi umum.

Jumlah diapers yang dibawa untuk dimasukan ke dalam tas jinjing adalah, jumlah jam di dalam perjalanan. Berapa jam sih perjalanan yang akan di tempuh. Sebaiknya diapers diganti untuk keadaan normal setelah pemakaian 3-4 jam. Apalagi kalo pup, atau bocor. Harus segera diganti.
Stoller ini, minjam ama panitia, hehehe

4.    Membawa mainan bayi, dalam perjalanan saya sering banget membawa mainan anak itu buku empat dimensi. Kalo mainan yang lainnya sih jarang, kadang suka juga membeli mainan baru pas di lokasi, hihihi. Si Nasya mmebeli bola kecil, waktu main ke lapangan sepak bola di alun-alun. Melihat orang-orang bermai bola, dia juga ingin menendang bola. Akhirnya saya bei bola dengan ukuran yang kecil. Bola itu pun dibawa pulang ke Bengkulu.

Baca juga Tips dari saya saat mengajak anak ke toko mainan, supaya gak kejadian gagal fokus dan kantong bolong, hihihi.

5.    Membawa susu, untuk sebagian bayi usia 1-2 tahun ada yang masih menyusui ASI belum dibantu dengan susu tambahan. Dalam perjalanan perlu juga membawa susu anak, untuk yang susu formula, yang membutuhkan air hangat, sebagian ibu ada yang membawa termos. Bisa membawa susu bebelac-3. Namun, saya belum pernah bepergian dengan membawa termos sih, seringnya membeli air panas saja. Untuk anak yang bisa minum susu selain susu formula. Bawa saja beberapa botol atau kotak susu UHT. Pilih rasa yang disukai anak.

Tips lain buat ibunya, saat bepergian, bawalah juga uang cash agar ga ribet mondar-mandir ke ATM. Selain buat  jaga-jaga, bagus juga buat membeli sesuatu yang secara mendadak ingin di beli. Di dalam perjalanan kadang ada saja yang menarik untuk dibeli.

anti lowbatt
Di kota Bandung, enak dan nyamn jalan-jalan membawa anak-anak. Banyak spot bermain dan ngadem bersama anak-anak. Di sepanjang jalan juga banyak tempat duduk, untuk istirahat sejenak dan juga buat ngecas. Kalo handphone lowbat.

Di tulisan berikutnya ya, saya bahas, cerita seru saya bermain dengan Nasya di alun-alun kota Bandung. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Mampir ke tulisan saya yang lain juga ya. Mohon masukannya jika ada informasi tambahan.

Sampai jumpa, salam!
46 comments

Yeaay, seneng lihatnya bund. Emang, persiapan itu kudu. Soalnya kalau gak, perjalanan jadi terganggu. Apalagi kalau perjalanan bareng si kecil hehe
Artikel yang keren bund :)

iyah, alhamdulillahm saya ga berasa direpotkan dnegan anak-anak

Perlu banget tau ni buat para mama muda biar nggak kelabakan.
pantesan aja mbk Milda klo bawa anak sudah anteng banget. sudah tau tips nya sih. heee.. Pengalaman kali ya.

Ih, bisa ngecas di tempat umum ya. Mantab mbak, aku baru tahu lho, kemarin terkahir ke sana belum nemu yang gituan

Wah salut bgt sama ibu mudaa inii,,, makasih tips dan pengalamannya mbaa a��������

Terima kasih tips dan cerita menariknya mbaa, semoga jd tips buat kita" nihh 👍👍👍

Umi, aku sepakat banget kalo travelling mah banyakin aja bawa jilbab yak. Buat properti foto-foto hehe. Baju mah bawa dikit aja, yg gak gampang kusut & warnanya netral yak. :D

bandung sejuk ya mba, jadi enak buat jalan-jalan. tapi macetnya itu lho gak nahan

Kalo tau tips triknya jadi gak takut traveling sama baby ya mi. Kece deh bisa main ke Bandung berdua aja sama dedek. :D

Iya sama mbak Nurul, aku juga senang lihatnya. Si dedek bisa ateng dan bahagia gitu

wahh asik donk ke bandung. spot buat charge HP ini yang menarik, bermanfaat banget. Kira-kira di bengkulu bisa ga ya dibuatkayak gitu juga..??? *imajinasi

Mantap tips ny, mbk. Kalau baju saya pilih dimasukkan ke kantong kresek bersih. Btw, saya ga pernah kepikir untuk memperbanyak jilbab. Benar juga ya, mbk, bagusnya memperbanyak jilbab. Saya malah bajunya yang banyak. Jilbab sedikit.

Adek Nasya jalan jalan terus nih..ikut doong

Musti dipersiapkan dengan matang, agar anak tidak rewel. Semangaaat!

Wah, persiapan harus matang ya, daripada rempong cari minimarket buat beli popok hehe..

Aku udah lama banget ga ke bandung, baru tahu kalo bisa ngecas gratis 😳

Next kalau ke Bandung kita kopdar ya mbak, salam kenal dari Bandung

Belum punya anak. Tapi bisa banget nih mbak diterapin kalau saya udah punya anak nanti. Hoho. Makasih mbak buat tips2nya.

Memang harus banyak persiapan ya kalau bawa anak kecil, hehe. Supaya anaknya anteng dan tidak rewel di perjalanan

Great mother. Manajemen baik yg perlu dicontoh untuk cowok2 juga nih ..

Sering2 ajak anak jalan akan slalu trpatri di benak mereka.makin sayang dgn ortunya saat dewasa nanti

Catet nih, secara juga punya anak kecil dan biasanya pergi juga sepaket sama anak plus bapaknya

halo mba Milda, salam kenal ya wah seru banget ya traveling berdua aja sama anak, apalagi masih balita, aku belum pernah nih.. noted tipsnya.. banyakin jilbab ya mba buat foto2 ibunya :)

Nah ada panduan nih kalo ngajak Ney jalan-jalan. Makasih kak.

Banyak ya yang harus di siapin kalau bawa baby jalan-jalan... Tapi yang penting baby nya nyaman. Jadi jalan-jalan nya aman..

Nice tips mbak.. Bisa di praktekin nanti pas punya anak..

Wow..useful banget tips jalan-jalan dengan anak. TFS mba :)

widih,,si kecil udah jalan2 terus nih,,,kalah nih sama adeknya..hehe

untung dia nggak rewel diperjalanan,haha

Jalan-jalan ke kota bandung, selain murah meriah, juga memberikan edukasi bagi anak-anak, makanya saaya senang ke kota bandung, apalagi di taman lalu lintasnya.

Tipsnya mantap banget nih. Ngikutin tipsnya jdi ngk kerempongan bawa anak

Asik ih jalan" ke Bandung apalagi rame" sama keluarga

selalu seru ya jalan ama anak pun preparenya kadang ribet. Tapi sekarang enak ya udah ada diapers jadi aman deh

Sampai ke anak yang ketiga ini, aku masih belum dipercaya ama suami buat bawa anak sendirian tanpa dia... Tips nya aku save ah, siapa tau nanti dibolehin kan udh ada persiapan...

Pergi sama toddler harus bikin persiapan matang ya Mba, thanks tipsnya. Btw template baru ya? Cakep! :)

Jalan bawa anak memang rempong, pergi nginep sehari aja kayak mau kemping seminggu. Bawaannya komplit plit

Wah,pasti seruuu banget ya karena Bandung jauh dari kota kalian

Persiapan membawa balita memang diawal aja. Setelah semuanya siap maka akan memudahkan selama perjalanan. Seru banget kalau anak tenang dan nyaman selama perjalanan. Selamat jalan jalan moms

Saya juga gak merasa ribet bawa baby janjalan. Mungkin karena emaknua suka jalan kali ya..haha
Pengalaman bawa Ney naik pesawat diusia 3 bulan itu menakjubkan. Alhamdulillah dgn persiapan matang Ney enjoy tuh

Waa kayak nya seru nih kalo ajak ubay dan ghazy ke bandung,
Karena punya anak kecil Persiapan perlengkapan nya kudu paripurna ya mbk

wah,. saya catat dulu nih perlengkapannya, persiapan kalo punya anak nanti.. hehe

Tipsnya berguna banget nih mbak, buat ibu-ibu muda khususnya.

Asal tau triknya, bawa bayi jalan-jalan ga jadi masalah ya.

Asyiknya jalan-jalan,makasi mba tipsnya

Asyiknya bisa jalan-jalan seeluarga dan seru ya bawa anak-anak

Seru ya mbak kalau jalan2nya seru. Makasih infonya

Biasanya anak kecil suka rewel hihihii... bisa kacau liburan kalo ga tau tips nya,