Menu

Saturday, February 24, 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com- Sudah tahu golongan darahnya apa. kalo belum , hayo buruan di tes. Prosesnya juga mudah dan hasilnya juga cepat bisa diketahui.  Saya bergolongan darah AB. Di tes dulu waktu mau masuk sekolah dasar (SD).

Sifat saya apa ya, hihihi. Ada juga beberapa jenis bahan makanan , buah dan sayuran yang ga baik untuk saya konsumi. Sebab tidak baik untuk kesehatan. Bukan cuma golongan darah AB sih, hampir semua golongan darah begitu. Ada jenis buah dan sayuran yang bagus dikonsumsi dan ada juga yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Saa akan mencoba membahasnya satu- persatu. Sesuai dengan jenis golongan darah tersebut. Untuk tulisan pertama ini, saya akan membahas mengenai Golongan darah O dulu ya.




Golongan darah ditentukan oleh dua hal yang berbeda yaitu gen ayah dan gen ibu. Pencampuran kedua gen tersebut sangat berpengaruh terhadap golongan darah seseorang. Golongan darah diperoleh secara genetis atau melalui proses keturunan.

 Golongan darah adalah ciri khusus dari darah seseorang . Perbedaan golongan darah tersebut karena adanya perbedaan karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (factor rh) 

Golongan Darah A
Seseorang dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A dipermukaan membrane sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga orang dengan golongan  darah A  negatif hanya dapat menerima dari orang dengan golongan darah A negatif atau O negatif.

Golongan darah A merupakan golongan darah kedua tertua di dunia. Menurut Dr. D’Adamo .

Ciri dari golongan darah A adalah sebagai berikut :

1).Memiliki pencernaan yang cukup sensitif

2). Rentan terhadap serangan penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit pembuluh darah lainnya. Hal ini disebabkan kerena golongan darah A tergolong dalam bentuk darah dengan konsitensi kental sehingga mengakibatkan darah lebih lambat beredardan sangat memungkinkan akan terjadinya penumpukan kotoran pada pembuluh darah arteri.

3). Cenderung menyimpan lemak terutama yang berasal dari daging, sehingga mengakibatkan resiko obesitas

4). Memiliki asam lambung yang rendah sehingga sulit mencerna daging dan susu

Berdasarkan ciri golongan darah tersebut, disarankan kepada golongan darah A untuk menghindari konsumsi susu dan daging. 

Golongan darah A, boleh konsumsi ayam biasa
Namun dianjurkan untuk menjadi vegetarian, mengkonsumsi banyak karbohidrat, sayur, buah dan makanan yang rendah lemak.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh golongan darah A.

1.    Jenis Daging dan Unggas ; Daging bebek, domba, kerbau, ayam hutan, kelinci, angsa, sapi.
2.    Jenis Minuman atau cairan; Air soda, susu sapi, santan kelapa, susu murni, es krim
3.    Buah dan sayuran ; Pare, pepaya, jeruk,pisang raja,kentang,ubi,tomat,terung
4.    Hewan air ; Cumi-cumi, udang,kepiting,gurita,belut,lobster,kodok
5.    Makanan olahan ; Mentega, keju, acar

Diet untuk golongan darah A

Golongan darah merupakan kunci utama pada tubuh kita. Setiap golongan darah memiliki ciri, sifat dan karakter yang berbeda-beda sehingga kebutuhan dan asupan makanan pun berbeda-beda. 

Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik. Salah satu pola pengaturan makan dan minuman tersebut berdasarkan golongan darah.

Metabolisme tubuh akan optimal jika asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi disesuaikan dengan golongan darah. Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik.

Menurut Dr. D’Adamo golongan darah A merupakan hasil evolusi dari tubuh manusia yang biasa makan daging pada masa berburu. Kemudian beralih menjadi masyarakat agraris yang memiliki bahan makanan utama tumbuh-tumbuhan.

Oleh karena itu diet yang baik bagi golongan darah A adalah menjadi vegetarian dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Oleh karena itu dilihat dari sejarahnya golongan darah A sangat suka beraktivitas bercocok tanam dan menggarap sawah. Sehingga konsumsi makanannya sangat erat hubungannya dengan buah dan sayuran.

Vegetarian untuk Golongan Darah A

Golongan darah A sangat cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Orang dengan jenis golongan darah ini dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketimbang makan daging merah, daging bebek, kelinci, seafood seperti udang, cumi dan lobster, juga jenis makanan tinggi lemak seperti keju, susu, es krim dan makanan tinggi karbohidrat, contohnya ubi.

Namun golongan darah A masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan tuna, telur, roti gandum, kurma dan daging ayam karena sifatnya yang netral atau cenderung tidak punya pengaruh signifikan

terhadap tubuh. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah A adalah olahraga santai seperti berjalan, tai chi, atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit per hari.

Golongan darah A sebaiknya tidak konsumsi daging
 Beberapa jenis makanan terutama sayur dan buah yang cocok dikonsumsi oleh pemilik golongan darah A adalah,

Golongan sayuran

-    Wortel
-    Brokoli
-    Labu
-    Touge
-    Bayam
-    Daun bawang
-    Jamur
-    Kailan
-    Selada
-    Seledri
-    Lobak

Golongan buah-buahan

-    Jeruk
-    Plum
-    Alpukat
-    Apel
-    Buah naga
-    Jambu biji
-    Kiwi
-    Melon
-    Mentimun
-    Pear

Semoga setelah ini jadi lebih paham ya, dan siap menjaga kesehatan. Selamat menjaga kesehatan untuk masa depan yang lebih baik lagi.

Untuk informasi ini bisa dibaca secara lengkap di alam buku saya seperti di gambar di atas, yang berjudul Pintar Nutrisi Golongan Darah. Bukunya ada empat sesuai dengan golongan darah manusi. Golongan darah A,AB, B dan O

Bisa di beli disemua toko buku, dengan harga Rp. 38.000,- Semoga bermanfaat!

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.