Menu

Saturday, November 4, 2017

/





Saat ini pemerintah tengah gencar memberikan informasi tentang adanya sistem baru pada kelistrikan yaitu sistem listrik pra bayar. Berbeda halnya dengan sistem listrik pasca bayar yakni pengguna listrik menggunakan listrik lebih dulu lalu membayar tagihan pada awal bulan atau pertengahan, pada sistem listrik pra bayar ini caranya mirip dengan beli pulsa pra bayar. Pengguna listrik harus membeli token yang nantinya bisa digunakan di rumah. Harga jual pulsa listrik sendiri cukup bervariasi mulai yang 20 ribu hingga 1 juta.

Banyak pengguna listrik pra bayar yang mengklaim jika sistem ini membuat pengguna menjadi lebih hemat lantaran bisa mengontrol penggunaannya dari monitor yang ada dan mampu mengatur pembelian listriknya. Namun, tak sedikit juga yang menyatakan agak kesusahan karena jika lupa membeli token, maka listrik akan langsung mati karena habis daya. Meski pro kontra tetap ada, namun PLN sudah menghilangkan listrik pasca bayar sehingga untuk yang ingin memasang listrik baru maka pasti menggunakan sistem pra bayar.

Jika Anda masih bingung cara pembelian token listrik, maka berikut ini ada beberapa caranya, yaitu:

Online


Dulu listrik hanya dapat dibayarkan secara langsung ke PLN ataupun gerai resmi maka beda dengan saat ini lantaran listrik pun kini bisa dibeli dengan cara online. Tidak perlu bingung karena saat ini yang jual pulsa listrik. Harganya cukup bervariasi sehingga Anda juga. Agar bisa lebih menghemat, maka Anda perlu mencari toko offline atau toko online yang mampu memberikan harga murah untuk token yang dijualnya. Jika Anda membeli secara online, maka Anda akan mampu mendapatkan kemudahan lebih karena tidak perlu keluar rumah. Pembayaran pun bisa menggunakan kartu kredit sehingga semakin praktis bukan?

ATM

Kini sudah banyak bank yang bekerja sama dengan pihak PLN demi menyediakan jasa layanan untuk pembelian token listrik. Namun, banyak pengalaman kurang baik yang kerap dialami oleh pembeli token karena ATM seringkali kurang responsif sehingga transaksi yang diminta sering gagal. Belum lagi dengan biaya admin yang perlu dibayarkan cukup tinggi sehingga menjadikan pembeli jarang menggunakan sistem ATM ini.



Gerai Pulsa Listrik


Bisnis pulsa listrik kini sudah kian menjamur. Hal ini pun menjadikan pengguna listrik akan lebih mudah ketika akan membeli token listrik. Selain toko dan gerai biasa, Anda juga bisa membelinya di minimarket. Sebelum Anda membeli di minimarket, pastikan mencatat ID pelanggan serta nomor meternya sehingga transaksi bisa diproses.

Dengan segala kemudahannya, tak heran kini pengguna listrik pintar pun semakin meningkat di Indonesia. Meski memang pengguna listrik pintar cenderung masih lebih banyak di perkotaan, tetapi masyarakat pedesaan pun juga sudah mulai kenal sistem listrik pra bayar. Jika rumah Anda dekat dengan Kantor Pos, Anda pun bisa membeli token listrik ke Kantor Pos dengan harga yang hampir sama dengan gerai.

Dengan menggunakan sistem listrik pra bayar ini, maka diharapkan jika masyarakat bisa lebih menghemat dan lebih menghargai penggunaan listrik mengingat terdapat meteran listrik yang bisa mengontrol penggunaannya. Toko yang jual pulsa listrik sudah banyak tersedia di pasaran sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Jika Anda ingin mengganti dari sistem pasca bayar ke prabayar, bahkan Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan sehingga akan sangat menguntungkan.
16 comments

Kami juga udah beralih ke prabayar kak. Hehehhe

Reply

tapi katanya lebih boros ya, atau gimana

Reply

Di rumah masih pake yg sistem pasca bayar sih jdi hrus ngantri tiap bulannya utk byr listrik hehe. Klo pake yg pra bayar gak lebih boros ya mi? Ada temen yg ngomong klo pra bayar lbh boros.. Hmmm

Reply

Dirumahku sudah pakai pulsa listrik mba

Reply

Masih merasa nyaman dengan listrik pasca bayar mbak...setidaknya bebas dari kelalaian isi pulsanya..hehe

Reply

kalau mau beli pulsa listrik ze jual kok mbak Mil

*maaf promosi, naluri jualan mbak :D

Reply

dirumah sy udah pake sistem ini mb' ...

Reply

kata temen malah sistem pulsa ini boros banget 50 ribu cuma 3 hari. waduh bisa bobol deh pengeluaran hehe. aku tetap dengan sistem bayar perbulan aja, 200 rb gak naik naik.

Reply

Dirumah juga mash listrik model lama mbk, sebenarnya pengen juga ganti yg pra bayar. Cm mash bingung, kira2 hematan yang mana y mbk?

Reply

Di rumah anin udah ganti pake pulsa listrik mbak. Lebih enak sih, bisa isi seberapa besar nominal yang diinginkan.

Reply

Masih pake yang pasca bayar sih. Cuma repot nya tiap bulan harus ngantri bayar..

Reply

Cara ini sebagai salah satu alternatif mengurangi tunggakan pembayaran listrik oleh oknum yang tidak bertanggungjawab ya mbak

Reply

Ditoko daj prabayar sih tapi klo untuk rumah belum hehe

Reply

kalo aku sering beli ke gerai pulsa listrik kak.. deket rumah soalnya.. hehe

Reply

zaman now serba enak, mau ngapa2in ckup d ujung jari..hehe

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.