Menu

Friday, June 2, 2017

/


Assalammualaikum Wr. Wb
Halo sahabat #keluarganawra

Siapa yang suka makan cabe atau sambal. Tentu sebagian orang suka ya makan sambal. Ada yang suka makan sambal cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, cabe hijau atau ada yang suka dicampur. Mislanya Cabe merah dengan cabe rawit atau cabeerah dengan cabe hijau.

Ada orang yang suka dengan cabe yang tidak pedas, jadi cabe hanya sebagai pelengkap atau penambah rasa pada menu masakan. Ada yang suka cabe yang pedasnya sedang saja, tetapi banyak juga orang yang suka sekali dengan cabe yang pedas banget.

Kepedasan cabe ini malah ada levelnya, makin tinggi level cabe atau menu makanan maka rasa pedasnya makin menjadi. 

Ada juga istilah sambal mercon, sambal ontor, sambal boom dan lain sebagainya untuk menggambarkan rasa pedas makanan tersebut.Apalagi sambal yang pedas. Duh, bikin tambah makan dan ngiler.

Terus apa iya cabe hijau itu tidak pedas. Bisa jadi iya, tapi iyakah cabe hijau tidak pedas. Apa salah dalam mengolah cabenya sehingga tidak terasa pedas,

Nah, berikut ini saya ingin berbagi cara MEMBUAT atau MENGOLAH CABE HIJAU MENJADI PEDAS.

Pertama, kita siapkan terlebih dahulu cabenya, bawang dan tomat. Cuci semuanya secara bersamaan sampai bersih. 

Kedua, rebus dengan sedikit air atau sampai semua bahan-bahan terlihat terendam air. 

Rebusan cabe, tomat dan bawang
 
Ketiga, masak di atas kompor dengan api sedang sampai air tinggal sedikit atau habis.

Keempat setelah air kering atau terlihat sedikit. Biasanya saya angkat saat tidak begitu kering. Silakan dicicipi, itu air pedas banget loh.

Kelima, giling cabe seperti biasa. Mau pakai blender atau digiling biasa saja. Sama saja. Digiling sampai halus. Jangan lupa saat menggiling berikan garam

Selanjutnya cabe hijau bisa digunakan seperti biasa, mau langsung dimakan atau mau diolah lagi menjadi sambal. Terserah saja, yang pasti cabenya sudah aman disantap, sudah masak.

Selamat mencoba ya.

Cabe hijau setelah diuleg atau digiling manual


11 comments

Hmm. Jadi kuncinya direbus ya Mba..

Reply

Aku prnh coba makan ayam penyet cabe ijo, dan itu pedeeees bangetttt :D. Jd rahasianya di rebus ya mba.. Okelah, ntr aku ksh tau mba ART ku cara bikinnya.. Aku termsuk pecinta pedes garis keras soalnya :D

Reply

Wah baru tahu saya mbak, mau coba ah buat sambal cabe ijo.

Reply

wah aku mah gak begitu suka makan pedas, tapi suka sambel aneh ya

Reply

cabe ijo ala padang kyknya neh ya mbak..aku kdnh cuma beli cabe ijonaja di resto masakan padang hehhehe

Reply

langsung eksekusi nihh.. :D

Reply

cabai hijau ini mbak kalo diblender rasanya kok beda ya sama giling tangan. Enak yang giling tangan

Reply

Jd pengen makan nasi padang.

Reply

Ini sambal yang saya suka mbak.. hehe

Reply

Ohhh baru tau mbakkkk..
Boleh ni ntar dicoba..
Baba suka sambal ijo

Reply

Powered by Blogger.