Menu

Wednesday, April 5, 2017

/






Assalammualaikum Wr. Wb

Halo Sahabat Keluarga Nawra. Ada yang doyan makan Pecel Lele. Makanan murah meriah yang hampir sellau bisa kita jumpai di seluruh kota di Indonesia. Betul gak, di tempatmu pasti juga banyak kan penjual atau usaha warung Pecel Lele.

Ada yang bertanya kepada saya sewaktu saya posting foto sedang makan di warung Pecel Lele. Tetapi lauknya Ayam. Mana Lelenya, katanya Pecel Lele. Teman saya ada yang komentar begitu.

Supaya kalian tidak penasaran dan ilmu tentang seputar makanan ini bertambah. Kita ulas dulu ya sedikit soal namanya.

Yang benar itu menurut Wikipedia adalah Pecal Lele. Cuma lidah kita suka dan mudah menyebutnya dengan nama Pecel Lele.

Makanya lebih terkenal nama Pecel Lele dari pada Pecal Lele.

Lalu Pecel Lele ini awalnya berasal dari daerah Jawa Tengah. Yang biasanya berisi Ikan Lele dan sambal (bumbu) Pecak. 

Ikan Lele digoreng sampai kering dan biasanya langsung satu ekor. Tidak dipotong-potong. Hanya bagian tubuhnya atau badannya saja yang disayat-sayat sedikit. Agar bumbu meresap. Ada sambal dan lalapannya. 

Meski demikian setiap daerah juga punya sebutan khas dengan makanan  ini. Di daerah Malang, makanan ini di sebut Lalapan Lele. Di daerah Jember disebut Pecek Lele.



Namun apa pun itu namanya, Ada beberapa fakta unik atau yang selalu menjadi khas sebuah makanan yang bernama Pecak atau Pecel Lele ini. Ada syaratnya atau ada ketentuannya yang biasa kita lihat pada setiap warung. Jika salah satu komponen di bawah ini tidak ada.

Maka bisa dipastikan, bisa jadi nama makanan tersebut bukan Pecak Lele. Mungkin makanan yang lainnya.

Apa saja sih, isi satu porsi Pecak atau Pecel Lele tersebut

1. Nasi biasanya nasi uduk atau nasi biasa

2. Lauknya bisa ikan, ayam atau yang paling sering dan umum Lele. Namun ada juga yang menyiapkan jeroan atau Ati Ampela. Cara mengolah ada yang digoreng atau dibakar

3. Lalapan. Sayurnya biasa kol yang diiris,daun kemangi atau selada air dan  timun 

4. Tahu dan Tempegoreng

5. Sambal. Ini yang menjadi ciri khas sebuah menu Pecel Lele. Kalo sambalnya nikmat maka banyak orang yang doyan makan di sana.

6. Yang selalu dicari, ini dia Kerupuk.

Kalo lengkap, kira-kira begini tampilan satu porsinya




Ibarat kata sambalnya dulu deh, kalo sedap, baru yang lainnya ikutan makyuz. Jadi banyak penikmat Pecel Lele pasti mengutamakan rasa sambalnya.

Selain itu ciri khas dari pecel lele adanya kobokan  atau air cuci tangan. Ini Khusus selain di warung rumah makan Padang di warung Pecel Lele. Ini pasti diberikan ke pembeli.





Pecak Lele adalah sebuah makanan yang murah dan meriah. Jadi banyak yang menyukainya. Menjadi alternatif pilihan makan keluarga. Harga satu porsi dimulai dengan Rp. 10.000,- Wow, murah banget ya. Variasi juga sih harganya. 

biasanya posisi warung pecak lele ini di pinggiran jalan. bentuknya kebanyakan warung tenda . sangat jarang pondok pecel lele yang mempunyai tempat permanen. Jadi kalo hari hujan , susah juga nyari warung Pecel Lele yang nyaman , yang gak kehujanan.

Kalo kami saat hujan, pengen makan Pecel Lele ya di Pecel Lele Meme saja karena tempatnya permanen dan tidak takut kebasahan. Apalagi kalo membawa anak-anak.




Kemudian, makanan Pecel Lele ini semuanya disajikan dalam keadaan panas. Jika yang pesan, baru akan dimasak. Jadi tidak ada yang sudah siap santap. Kita harus sabar menanti.

Jadi kalo makan Pecel Lele, tolong dingat ya, apakah semua uraian di atas sudah ada di dalam satu porsi pesanan Pecel Lele kalian atau belum

Jadi bersama Keluarga Nawra Jalan-jalan sambil Makan-makan pasti asik!



7 comments

Wahhh... baru tau saya tentang lele ini

Reply

Sekarang gak ada lagi yang harga 10.000 mbak. Hehe

Reply

I love pecel lele 😅
Rasanya nikmat dan juga memiliki banyak kandungan gizi. Kebetulan didepan kost (sekitaran kampung bali) banyak yang jualan pecel lele. Jadi kalo gabut gak tau mau makan apa, pecel lele solusinya. . Hahahah 😄

Reply

I love pecel lele 😅
Rasanya nikmat dan juga memiliki banyak kandungan gizi. Kebetulan didepan kost (sekitaran kampung bali) banyak yang jualan pecel lele. Jadi kalo gabut gak tau mau makan apa, pecel lele solusinya. . Hahahah 😄

Reply

agak aneh ya kalo nyebutnya pecal lele,, ntar di kira orang bule kalo mesan makannya ngomong kyak gitu,,

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.