Menu

Thursday, April 20, 2017

/


Halo Sahabat #Keluarganawra

Ada yang suka makan puding atau makan agar-agar. pasti semuanya kalo ada hadiah menjawabnya SUKA. Siapa sih yang gak suka makan Puding atau agar-agar. Apalgi kalo sudah pakai aneka toping. Misalnya buah begitu. Duhh, berasa segar dan ngiler euy.

Bikin puding juga sangat mudah. hampir setiap saya membuat puding belum pernah gagal sih, Hampir selalu berhasil. paling bermasalah dengan rasa. Entah ada yang kurang apa gitu. Kurang manis misalnya. Tapi itu dulu ya, waktu awal-awal belajar atau bikin puding. Sering juga kurang manis, atau istilah keluarga saya. manis Jambu.

Terus bikin puding kadang butuh juga bahan tambahan yang lainnya atau ada kombinasi supaya rasa dan bentuknya enak. kalo lagi ada emang enak ya. Kita bisa berkreasi dengan puding yang akan dibuat.

Tetapi kalo cuma ada serbuk agar-agar dan sebutir telur. Apa bisa dieksekusi  menjadi PUDING.

Puding apaan dengan bahan sebutir TELUR. 

Ada kok, ga percaya, Kali ini say mau berbagi cara bikinnya ya. Bisa dicobain di rumah. Caranya juga gampang banget.

Pertama, kita siapkan dulu bahan-bahan

- Serbuk agar-agar bening, terserah mau merek apa
- Gula pasir
- Air
- Telur
- Daun Pandan 
- Syrup 
- Perasan air jeruk

Kali ini kita cukup menggunakan satu bungkus serbuk agar-agar dan satu butir telur ayam. Bebas saja mau telur ayam buras atau ayam kampung.

Air yang diperlukan adalah empat gelas. Sebanyak 200 ml. Atau paling mudah adalah sebanyak takaran air mineral kemasan gelas.

Gula halus tergantung selera, mau manis apa manis jambu.

Untuk daun pandan kalo gak ada biasanya saya ganti dengan Vanili. Lalu syrup kalo tersedia saja, kalo tidak ada juga tidak masalah. Kebetulan di rumah sedang sedia syrup rasa Melon. Jadi saya tambahkan itu untuk menguatkan rasa .Sekaligus pengganti perasan air jeruk.

Sudah lengkap bahannya. Mari kita memasaknya.

Laksanakan secepatnya, sebelum anak Annasya bangun. Dia  biasa tidurpagi di antara jam sembilan sampai jam sebelas siang.

Kedua, Cara MEMASAK

Siapkan panci, lalu masukkan serbuk agar-agar, gula dan air. Aduk-aduk hingga merata. Saya selalu melakukan pencampuran bahan dan pengadukkan di luar kompor. Artinya dilakukan sebelum panci dinyalakan di atas kompor. Hal ini bertujuan untuk membuat gula mengental dan terjadi proses karamel. Warna gula menghitam membuat adonan agar-agarnya agak kotor atau tidak bening lagi.



Masak semua bahan, hidupkan kompor dengan nyala kecil. Lalu setelah mendidih. Masukan telur. Kemudian diaduk-aduk hingga merata. Atau hingga telurnya pecah sehingga terlihat seperti jaring-jaring atau ulir di dalam cairan agar-agarnya.

Oh, ya kalo ingin memasukkan atau menambahkan syrup kalo saya setelah matang dan diturunkan dari kompor. Diaduk sebentar, setelah rata baru disaring masukan ke dalam cetakan. 



Setelah itu siapkan cetakan, masukan adonan ke dalamnya. Biarkan dingin. Setelah dingin baru dimasukan ke dalam kulkas agar dinginnya lebih sempurna dan lebih cepat keras.



Tunggu sampai keras, barulah dipotong -potong dan siap dimakan.




Gimana, mudah bukan.

Kalo soal rasa gak usah ditanyakan. Joss pokoknya. Silakan dicobain ya di rumah

22 comments

Aku pernah bikin ky gini tp kok ada rasa amis telurnya Y mba. Gmn cara ilangin nya

Reply

kalo ada air jeruk nipis, atau aku ganti pake syrup. gak ada bau amisnya, terus pas masukin telurnya pas airnya mendidih dan langsung diaduk, langsung dipecah, dibuat merata

Reply

wuih gampang aja ya ternyata, saya selama ini cuma icip aja belum pernah buat langsung

Reply

wah mudahnay bisa aku coba deh buat camilan sore

Reply

Lama banget nggak bikin puding euy. Makasih resepnya, mbak

Reply

cobalah say dibuat, gampang banget kok

Reply

ayo mba, teman ngopi ngeteh

Reply

Makasih resepnya. Jadi pengen cobain sekarang mbaak. hehehehe salam kenaal ya mbaak :D

Reply

wah urusan cheh dan menu masakan ini kayaknya ane rada2 angkat tangan hehehe ...tapi bisa gak yah saya minta sedikit jatah pudingnya yg udah jadi hehehehee

Reply

Sepertinya enaak yaah..musti coba ini..,mksh bun..:)

Reply

Dari bentuknya sepertinya enak mbak, tp apa ngak amis bau telurnya itu,..

Reply

Aku bikin puding pakai nutrijel aja, praktis hihiii

Reply

wah serpihan serat telurnya cantik mbak, gampang ya bikinnya, pudingnya jd ada kandungan proteinnya deh, keren keren..

Reply

Ini bahannya bubuk agar-agar ya mba? Bukan nutrijel?

Reply

Nah besok sabtu langsung coba ah... Kebetulan semua bahan ada :)

Reply

oooh jadi jaring itu dari telur yang diaduk. Airnya 4x200ml gini ya?

Reply

aku baru tau bikin puding pake telur. selama ini bikin puding mah cuma ager dan susu aja..tambah gula atau sirup. gak pernah ada telur juga jadi kok.

Reply

Motifnya juga lucu ya. Pasti enak nih :)

Reply

terima kasih resepnya, aku biasanya cuma bikin puding daro agar dan susu hehhe
Kapan2 nyontek yaaa

Reply

Wawww... enaknya. Boleh dicoba juga nih tipsnya

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.