Menu

Saturday, April 1, 2017

/


Assalammualaikum Wr.Wb

Halo Sahabat Keluarga Nawra. Belakangan ini saya dan kelurga lebih suka mengajak anak-anak kalo pas liburan mengunjugi objek wisata yang ada airnya. Entah sungai, danau atau air terjun. Untuk air terjun. lebih kami utamakan. Apalagi jika bisa untuk mandi. Anak-anak juga sangat senang. 

Biasanya anak-anak sering meminta mandi ke kolam renang tetapi sejak beberapa kali kami ajak mandi di sungai dan air terjun. Si Nawra dan Athifah sudah jarang meminta mandi ke kolam renang.

Air Terjun Sengkuang, Kepahiang, Bengkulu


Memang mandi ke sumber air alami lebih segar dan nyaman. Gak kayak air kolam renang yang sudah pasti banyak kaporitnya. Namun mengajak anak-anak mandi ke sumber air alami seperti itu bukanlah hal yang mudah. 

Kami pernah mengajak anak-anak untuk mandi di Air Terjun Sengkuang. Air terjun yang terletak di dekat kawasan indah kebun Teh Kabawetan.



Apalagi biasanya letak air terjun aksesnya jauh dari perkampungan. Kami harus melewati kebun dan hutan terlebih dahulu. Jalannya juga cuma setapak. Tetapi ternyata hal ini justru membuat anak-anak tambah senang. Naik turun bukit, jalan setapak menanjak, membuat mereka tertantang, 

Dan harus membawa seabrek peralatan. Apalagi stok makanan dan minuman. Dan setiap ada air emngalir, hehehe. Saya dan anak-anak tak pernah mau melewati untuk tidak mandi

Rugi besar, kalo gak mandi
Malah pengennya berulang kali

Kalo saya dan keluarga masih menaklukan dan menjajah air terjun yang ada di seputar Bengkulu. Maka ada impian kami nanti untuk bisa mendatangi dan mandi di beberapa air terjun di bawah ini. 

Dan ternyata air terjun keren tersebut semuanya ada di Indonesia. jadi tak perlu jauh-jauh untuk bertandang

Lima Air Terjun Ajaib yang Ada di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi


1. Air Terjun Sigura-Gura, air terjun tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sigura-Gura adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Sigura-Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air Terjun Sigura-Gura memiliki ketinggian hingga 250 meter dan menjadikannya air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sigura-Gura berada di aliran Sungai Asahan di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Sigura-Gura dikontrol dari pintu air Waduk Sigura-Gura yang berada tepat diatasnya.


2. Air Terjun Tumpak Sewu, air terjun terindah di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 120 meter yang terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. 

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai. Air terjun seperti ini termasuk dalam tipe Tiered. 

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentung di aliran Sungai Glidih[1] yang berhulu di Gunung Semeru.

3.Air Terjun Penimbungan, air terjun di elevasi tertinggi di Indonesia

Air Terjun Penimbungan atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Penimbungan Torean adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 100 meter yang berada di lereng utara Gunung Rinjani. 

Secara administratif, air terjun ini masuk ke wilayah Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat berbatasan dengan Kabupaten Lombok Utara. 

Air Terjun Penimbungan terletak di jalur pendakian ke Gunung Rinjani lewat Dusun Torean dengan elevasi rata rata 1.200 meter diatas permukaan air laut (mdpl).


Air Terjun Penimbungan berjarak tempuh sekitar 2 jam dari Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, salah satu pintu masuk jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Desa ini terletak pada ketinggian 1.156 mdpl.

Jalur ini merupakan jalur yang kurang populer di banding 2 jalur lainnya seperti Sembalun dan Senaru untuk menuju Gunung Rinjani. Jalur Torean ini biasa di lewati oleh para peziarah yang melakukan ritual kepercayaannya di Segara Anak maupun di sumber air panas di dekatnya Segara Anak. 

Untuk menuju Torean dari Kota Mataram dapat ditempuh dengan kendaraan L-300 ke Pasar Anyar di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun. Waktu tempuh yang perjalanan sekitar 3-4 jam. Selanjutnya dari Pasar Anyar perjalanan diteruskan dengan naik ojek ke Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun selama kurang lebih satu jam perjalanan.

4.Air Terjun Melanggar, air terjun terlebar di Indonesia

Air terjun Melanggar atau sering disebut juga Banangar, Mananggar, dan Menaggar adalah patahan sungai landak yang menjadi wisata alam berupa air terjun yang berada di Dusun Perbuah, Desa Merayuh,kecamatan Air Besar, kabupaten Landak. Letak air terjun ini berada di hulu Sungai Landak, sekitar 290 kilometer arah timur laut Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Air terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah.

Akses ke dasar air terjun ini masih sangat sulit sekali. Jalan yang hanya setapak itu tertutup belukar sehingga wisatawan lebih senang menikmati pesonanya dari atas air terjun.Untuk menikmati keindahannya, para pengunjung harus memiliki kesabaran. Pengunjung akan melintasi perjalanan yang panjang, jauh, dan berliku. Untuk mengunjungi air terjun Melanggar, butuh waktu sekitar 6 sampai 7 jam dengan menaiki kendaraan dari Pontianak ke kecamatan Air Besar.


Keunikan air terjun Melanggar ini adalah terdapat danau yang berada di bawah air terjun ini dengan luas kurang lebih 2 hektare yang berbentuk bulat dan dapat digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan ataupun udang. Sedangkan di kiri atas terdapat sebuah tempat untuk memohon rezeki kepada Tuhan YME yang sudah dilakukan ratusan tahun yang lalu sampai sekarang ini. Selanjutnya, di atas terdapat Gunung Pejapa dengan ketinggian 1.019 meter yang mengelilingi air terjun Melanggar dan terdapat hutan yang masih utuh dan dilindunggi. Dan yang terakhir, di seberang sungai terdapat Gua Sanjan yang terdapat air terjun kecil dan sungai kecil.



5. Air Terjun Curug Nangga , air terjun bertingkat tertinggi di Indonesia

Curug Nangga merupakan sebuah lokasi wisata air terjun yang berada di desa Petahunan, Kabupaten Banyumas. Lokasi wisata ini mulai dikenal secara umum pada tahun 2015 secara viral melalui media sosial.

Curug (bahasa Indonesia: air terjun) ini merupakan sebuah lokasi wisata baru Banyumas, di mana unsur yang menarik para wisatawan adalah adanya tujuh tingkat undakan (tangga).


Bupati Banyumas, setelah mengunjungi lokasi wisata ini, menyumbang Rp 30 juta yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk pembangunan jalan.Selain itu, Pemerintah Kabupaten Banyumas membuat jalan penghubung antarobjek wisata di daerah tersebut.

Siap-siap menabung ya, mau mengunjungi dan mandi di air terjun yang mana dulu. Atau mau safari atau off road ke semua air terjun di atas. Silakan saja, asal kuat.


Sampai jumpa ya, jangan lupa jalan-jalan sambil makan-makan ya!

referensi
Wikipedia
7 comments

Selain pantai aku juga suka ke air terjun, suara percikan air terjun mendamaikan. MUngkin aku harus pergi ke air terjun-air terjun yang wah itu ya mbak.

Reply

istilah backpacker curug. Indonesia emang kaya destinasi alam yg indah

Reply

Air terjun Taba Penanjung di Bengkulu Tengah juga recommended. Namun memang membutuhkan waktu dan tenaga untuk sampai kesana. Berhubung lokasinya yang masuk ke hutan. Tapi tidak akan menyesal apabila sudah sampai disana. 😉

Reply

Air terjun Taba Penanjung di Bengkulu Tengah juga recommended. Namun memang membutuhkan waktu dan tenaga untuk sampai kesana. Berhubung lokasinya yang masuk ke hutan. Tapi tidak akan menyesal apabila sudah sampai disana. 😉

Reply

Emng Sengkuang itu Ado di Wiki mbk?

Reply

Air Terjun Sengkuang ini sudah saya kunjungi, bagus destinasinya, apalagi untuk mandi dan selfi cocok deh,,..

Reply

Air terjun bukanlah wahana alam yang bisa dinikmati begitu saja oleh semua orang, hanya orang-orang tertentu dan hebat yang bisa menikmati keindahannya. Karena Air Terjun itu bukanlah ditengah Kota, bukan juga objek wisata yang cukup dengan jarak tempuh yang sesingkat-singkatnya. Butuh sebuah pengorbanan untuk bisa menggapainya. Harus melewati berbagai macam rintangan yang tentu akan menghadang. Bebatuan, kerikil tajam, hutan dan perkebunan itu adalah bagian dari tantangan yang harus kita lakukan. Namun percayalah, setelah kita melewati itu semua kita akan melihat keindahan alam yang sesungguhnya dan petualangan itu akan memberikan kita pelajaran bahwa hasil yang kita dapatkan takkan pernah lepas dari usaha yang kita lakukan... semangat buat pencinta Air Terjun, semoga disuatu hari nanti kita semua pembaca artikel ini bisa menikmati 5 keindahan alam seperti yang telah disebutkan, it's really recommended

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.