Menu

Saturday, April 15, 2017

/


Assalammualaikum Wr. Wb
Halo Sahabat #Keluarganawra

Ada yang suka berpergian melihat pameran. baik pameran foto, barang antik, kendaraan, bunga. Apa saja yang penting namanya pameran. Sebenarnya istilah pameran itu sendiri apa ya.

Menurut Wikipedia pameran artinya

Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. 

Adapun macam pameran itu adalah : show, exhibition, expo, pekan raya, fair, bazaar, pasar murah.

Nah, kalo kamu suka melihat pameran seperti apa atau semacam apa? Kalo #keluarganawra sering melihat pasar murah, bazaar, pekan raya. Sejenis itu yang sering dilihat.

Ada juga Pameran foto, beberapa waktu yang lalu melihat. Pameran Foto dalam tajuk Bengkulu Di Mataku. Pas barengan dengan acara festival Tabut. Yang merupakan salah satu festival budaya terbesar di Bengkulu. Banyak kegiatan budaya yang digelar untuk meramaikan kegiatan Festival Tabut tersebut.








Kita akan banyak bertemua banyak hal saat melihat pameran, selain mendapatkan informasi, kita juga mendapatkan teman, akses dan kepuasaan. Apalgi kalo ketemu dan ngobrol langsung dengan fotographernya atau sang pembuat karyanya. Duh, girang banget.

Pernah saat pameran saya akhirnya bertemu denga suatu gambar atau foto air terjun yang ada di Bengkulu yang waktu itu ingin sekali saya melihatnya. Jadi ceritanya diawali sewaktu saya menulis sebuah artikel buku tentang air terjun yang ada di Indonesia, khususnya di Bengkulu. Di pameran foto tersebut saya kesampaian melihat foto air terjunnya. Padahal sebelumnya susah mencari referensinya


Melihat hasil pameran terutama foto memang membuat hati menjadi sangat terhibur, pikiran melayang entah kemana dan serasa ada dimana. Apalagi jika melihat suatu foto masa lalu.



Ada beberapa jenis pemeran yang sering diadakan oleh berbagai pihak. Kita bisa melihat uraiannya di bawah ini ya. Memang pameran tidak bisa kita lihat secara terus menerus. Tetapi kita bisa mengunjungi Museum jika ingin seketika melihat pameran.
Selain itu kita juga bisa mendatangi objek Wisata Sejarah. biasanya juga banyak dipajang atau dipamerkan foto-foto.

Jenis-jenis Pameran

    Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
    Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
    Pameran Keliling (Traveling Exhibition)


Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia secara periodik yang ditata berdasarkan konsep kuratorial dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia. Waktu penyelenggraan Pameran Tetap berlangsung minimal 1 kali dalam satu tahun

Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
Pameran tunggal atau pameran bersama yang menyajikan karya-karya seni rupa dalam jangka waktu tertentu yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Temporer berlangsung minimal selama 10 hari, maksimal berlangsung selama 30 hari.

Pameran Keliling (Traveling Exhibition)

Pameran yang menyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun karya di luar koleksi Galeri Nasional Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia dan atau di luar negeri yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Keliling minimal berlangsung selama 10 hari.

Ada loh orang-orang khusus mengadakan perjalanan untuk mengadakan pameran foto dari satu tempat ke tempat lainnya. Semoga kita bisa berjalan melihat pameran yang bagus dan mengugah ya.Aamiin.
7 comments

Beberapa waktu lalu saya juga berkunjung ke galeri nasional disana ada pameran lukisan, patung dan seni lainnya. Menyenangkan sekali sekaligus mengenalkan seni pada anak :)

Reply

Senang kalau ajak anak2 ke pameran. :) Mereka bisa sekalian belajar. ^_^

Reply

iya, cara belajar yang asik kepada anak ya

Reply

saya paling suka liat pameran seni, karena saya termausk pecinta seni...ada kenikmatan sendiri ya mbak saat melihatnya...salam kenal mbakk..:)

Reply

Bbrp waktu yg lalu di Balai Kota Palembang ada pameran lukisan yg temanya mengusug konsep Palembang Jaman Dulu.. Bisa sambil belajar sejarah juga soalnya..

Reply

Saya paling suka mengunjungi Pameran seni untuk inspirasi berkarya Mba^^ makasih ya sharingnya

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.